Inilah Kandungan Penting Wortel

Pertanianku – Wortel merupakan tanaman musiman yang berbentuk menyerupai rumput. Batang wortel berbentuk pendek, bahkan hampir tak terlihat. Tanaman sayuran satu ini dapat ditumbuh di tempat-tempat yang tingginya lebih dari 500 mdpl. Terutama pada ketinggian di atas 1.200 m. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Inilah Kandungan Penting Wortel

Wortel sendiri diketahui sebagian kalangan memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Namun, ternyata tidak hanya itu saja yang menjadi manfaat wortel dalam tubuh kita jika mengonsumsinya.

Loading...

Wortel sendiri merupakan bahan yang umum digunakan pada banyak makanan di Indonesia bahkan seluruh dunia. Wortel dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, seperti jus, makanan ringan, hingga dimasak bersamaan dengan sayuran lainnya. Berikut beberapa manfaat wortel yang perlu Anda ketahui.

  • Kesehatan mata

Wortel merupakan salah satu sumber vitamin A yang sangat tinggi. Wortel juga dapat mempertajam penglihatan dan dapat mencegah berbagai penyakit pada mata seperti penyakit katarak juga mengurangi penyebab mata minus.

  • Kesehatan pencernaan

Wortel mengandung banyak sekali serat sangat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan tubuh. Serat juga sangat baik dikonsumsi karena dapat membuat tubuh kita merasa kenyang dengan waktu yang lama. Wortel juga sering dipakai untuk mengobati gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

  • Mencegah kanker

Wortel kaya akan antioksidan dan dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Wortel sendiri merupakan sumber dari zat falcarinol, yaitu senyawa yang mampu mencegah dan melawan kanker. Antioksidan yang ada di wortel akan menjaga tubuh dari berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

  • Kesehatan jantung

Mengonsumsi wortel dengan teratur juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Wortel juga banyak mengandung zat betacarotene yang dapat menekan risiko penyakit jantung.

  • Mengontrol kolesterol
Baca Juga:  Fakta Menarik Buah Jeruk Bali, Efektif Menurunkan Kadar Lemak

Serat pada wortel mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Kandungan magnesium yang terdapat pada wortel juga membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari serangan penyakit kolesterol.

Itulah beberapa kandungan wortel bagi kesehatan. Masih banyak lagi kandungan yang terdapat pada wortel. Semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai kandungan wortel yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mulailah rutin mengonsumsi wortel mulai sekarang.

Loading...
Loading...