Inilah Kebutuhan Vitamin yang Dibutuhkan Ayam

Pertanianku – Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur di dalam tubuh. Peranannya antara lain mempertahankan kesehatan tubuh dan meningkatkan produksi. Vitamin dikelompokkan menjadi vitamin yang larut di dalam lemak dan vitamin yang larut di dalam air.

Inilah Kebutuhan Vitamin yang Dibutuhkan Ayam

1) Vitamin yang larut di dalam lemak Vitamin yang larut di dalam lemak meliputi vitamin A, D, E, dan K.

Loading...
  1. a) Vitamin A

Vitamin ini berfungsi dalam metabolisme seluler dan esensial untuk jaringan epitel normal yang melapisi saluran pencernaan, pernapasan, dan reproduksi. Kelebihan vitamin A akan disimpan di dalam hati. Sumber vitamin A yaitu minyak ikan, susu, dan hati. Bahan Vitamin A (provitamin A) terdapat pada hijauan dan jagung kuning. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan buta malam.

  1. b) Vitamin D

Vitamin ini sangat penting dalam metabolisme kalsium dan fosfor. Peranannya antara lain dalam pembentukan tulang dan kulit telur. Vitamin D ada tiga jenis, yaitu vitamin D1,D2, dan D3. Di antara ketiga vitamin itu yang dapat langsung digunakan oleh ayam adalah vitamin D3. Jika ayam mendapat sinar ultra violet matahari secara langsung (sinar pagi 08.00—10.00) maka kulit ayam dapat membuat vitamin D3. Sumber vitamin D3 yaitu minyak ikan, susu, dan kacang-kacangan.

  1. c) Vitamin E

Vitamin ini sangat penting untuk proses reproduksi, antioksidan, daya tetas telur, dan efektivitas dari inti sel. Sumber vitamin E adalah kecambah, padi-padian, kacang-kacangan, dan susu. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan dalam fertilitas, pertumbuhan anak ayam lambat, dan gangguan otak yang menyebabkan penyakit gila pada ayam.

  1. d) Vitamin K

Vitamin ini berfungsi dalam proses pembekuan darah. Sumber vitamin K meliputi hampir semua bahan makanan ayam terutama tepung ikan dan hijauan.

2) Vitamin yang larut dalam air

Baca Juga:  Cara Membuat Pakan Alami Ayam Kampung yang Bernutrisi

Vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin C dan beberapa vitamin B.

  1. a) Vitamin B1 (tiamin)

Fungsinya merangsang nafsu makan dan memelihara susunan syaraf. Kekurangan Vitamin B1 menyebabkan ayam menjadi lemah dan sukar berdiri, pertumbuhannya lambat, nafsu makan kurang, serta kepalanya tertarik ke belakang.

  1. b) Vitamin B2 (riboflavin)

Vitamin ini membantu sel dalam metabolisme protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, berperan juga dalam proses produksi, pertumbuhan embrio, dan daya tetas. Kekurangan vitamin B2 pada anak ayam menyebabkan diare, produksi telur merosot, daya tetas berkurang, dan banyak kematian embrio pada minggu kedua. Sumber vitamin B2 yaitu jagung, bekatul, kacang tanah, hijauan, ragi (ampas bir dan tape).

  1. c) Vitamin B6 (piridoksin)

Vitamin B6 berfungsi untuk merangsang nafsu makan, memacu pertumbuhan ayam, serta membantu  proses perubahan asam amino triptofan menjadi niasin. Kekurangan vitamin B6 pada ayam akan memberikan efek nafsu makan menurun, pertumbuhan lambat, urat-urat ayam menjadi kaku, dan sayap terkulai. Sumber vitamin B6 yaitu susu, tepung ikan, padi-padian, hijauan, dan ragi.

  1. d) Vitamin B12

Fungsi vitamin B12 adalah sebagai pemacu pertumbuhan dan membantu proses pembentukan darah. Peranannya berhubungan erat dengan asam folik, asam pantotenat, kolin, dan metionin. Kekurangan vitamin B12 akan memberikan efek pada daya tetas berkurang dan tulang anak ayam yang baru menetas kelihatan  abnormal. Sumber vitamin B12 banyak terdapat pada kotoran binatang pemamah biak (kerbau, sapi) dan kotoran ayam, serta pada hati dan ginjal ternak.

  1. e) Vitamin C

Vitamin C dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ayam melalui sintetis endogen (endogenic synthesis) dan sintetis pada ginjal. Untuk anak ayam umur 1—15 hari, penambahan vitamin C ke dalam ransum sudah dapat dilakukan. Setelah itu, tubuh ayam relatif bisa memproduksi sendiri vitamin C yang diperlukan tubuhnya. Setelah ayam berproduksi telur, untuk menghindari stres, ke dalam air minum dapat ditambahkan vitamin C dengan dosis 100 g/1.000 l air. Begitu juga untuk kondisi pemeliharaan pada temperatur di atas titik optimal (>350C) karena pada saat itu ayam mengalami stres akibat panas.

Baca Juga:  Manfaat Gula Jawa untuk Ayam Kampung

Vitamin C dapat digunakan untuk mengurangi stres dan berfungsi pula sebagai termoregulator (penstabil suhu tubuh) sehingga dapat menekan kematian akibat cekaman panas. Vitamin C ini banyak digunakan peternak karena harganya relatif murah dan cukup efektif untuk mengurangi stres akibat panas.

Selain itu, sifat vitamin C mudah larut di dalam air sehingga cara pemberianya cukup dimasukkan ke dalam air minum. Apabila terjadi kelebihan, tubuh ayam akan mensekresikan vitamin C melalui ginjal.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam

Loading...
Loading...