Inilah Keunggulan Sapi Brahman dari Sapi Lainnya

Pertanianku – Sapi brahman merupakan salah satu jenis sapi impor yang berasal dari India. Sapi brahman keturunan dari sapi zebu yang sudah mendapatkan pengembangan secara genetis alami. Awalnya sapi jenis tidak berukuran besar. Namun, terdapat penelitian yang sukses menghasilkan sapi brahman dengan ukuran yang besar dan kualitas baik. Dari ukuran inilah akhirnya Asia memiliki jenis sapi yang mengalahkan ukuran sapi dari Eropa, Amerika, dan Australia.

Inilah Keunggulan Sapi Brahman dari Sapi Lainnya

Sapi brahman berciri tubuhnya yang sangat besar dengan punuk menonjol, kulitnya lebar, dan mempunyai gelambir pada bagian bawah tubuhnya. Berat dari sapi brahman mampu mengalahkan berat sapi limosin dari daratan Eropa. Sapi brahman dapat berkembang sampai dengan berat 1 ton, 2 kali berat sapi lokal yang ada di Indonesia.

Loading...

Selain memiliki bobot berat yang super besar, rupanya sapi brahman juga memiliki daya tahan yang sangat kuat. Biasanya, sapi impor memiliki ketahanan fisik yang sangat lemah karena kebanyakan berasal dari negara dengan iklim subtropis. Namun, berbeda dengan sapi brahman yang mempunyai ketahanan fisik yang mirip dengan sapi lokal asli Indonesia.

Tidak hanya itu saja kelebihan dari sapi brahman, sapi asal India ini perkembangan tubuhnya cukup pesat meskipun makanan yang diberikan kurang berkualitas. Namun, Anda dalam beternak sapi brahman jangan sembarangan dalam memberi makan. Berilah makanan yang berkualitas agar daging dan juga pertumbuhan sapi semakin maksimal dan semakin cepat memanen. Kelebihan sapi brahman yang lain adalah tahan terhadap caplak.

Sapi brahman yang beredar di Indonesia saat ini adalah hasil persilangan. Meskipun sudah bukan hasil persilangan murni, daya tahan dari sapi brahman ini tetaplah yang menjadi nomor satu di dunia.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan
Loading...
Loading...