Inilah Keuntungan Bertanam Tomat di Dalam Pot


Pertanianku – Keterbatasan lahan tidak menghentikan niat seseorang untuk bercocok tanam. Sebagian ibu rumah tangga tetap melakukan hobi berkebun walaupun ruang yang tersedia tidak cukup luas. Dari kegiatan itu, muncullah alternatif baru yang dapat menjawab keterbatasan lahan tersebut. Sejak saat itu, pemilihan tempat untuk menanam tak lagi terbatas pada pekarangan atau kebun terbuka, tetapi sudah merambah pada media pot.

Keuntungan Bertanam Tomat di Dalam Pot

Menanam sayuran dalam pot atau polibag memang dikenal sebagai solusi bertani bagi masyarakat yang hidup di daerah perkotaan. Dengan lahan sempit, orang-orang kota tersebut ingin bisa menikmati buah dari pohon yang ditanamnya sendiri. Selain itu, budidaya sistem tanaman buah dalam pot tak hanya melahirkan solusi bertani bagi orang kota atau pemilik lahan sempit, tetapi juga mengandung kolaborasi antara teknologi pertanian, mendulang untung, dan nilai estetika.

Tentunya, sejumlah keuntungan dapat ditemukan apabila menanam sayuran ini dalam pot di sekitar rumah. Paling gampang, tentu saja kebutuhan gizi dan vitamin keluarga dapat terpenuhi dengan baik berkat buah yang dapat dipanen hampir sepanjang musim. Belum lagi, unsur penghijauan rumah meskipun lahan yang dimiliki tidak terlalu luas. Unsur estetika dan keindahan pun bisa muncul. Perpaduan warna merah ranum berpadu hijau daun yang cantik akan didapatkan ketika tanaman mulai berbuah. Lagipula, ukuran tajuk tanaman ini tergolong ”kompak” sebab tingginya hanya sekitar 1—2 m.

Sistem bertanam tomat hidroponik juga semakin marakdilakukan oleh ibu rumah tangga atau perusahaan dalam skala  luas. Untuk keperluan ini, penanaman tomat biasanya dilakukan dalam wadah polibag atau pot plastik. Sementara itu, pemberianair siraman dan pupuk dilakukan melalui selang khusus. Umumnya, budidaya tomat dengan sistem hidroponik dilakukan dalam greenhouse. Beberapa keuntungan dalam bertanam tomat dengan sistem ini yaitu memudahkan pemeliharaan, gangguan hama lebih terkontrol, dan tidak membutuhkan tenaga kerja lebih banyak.

Baca Juga:  Terungkap Alasan Tidak Adanya Brokoli dalam Kemasan Kaleng

Di beberapa negara yang pertaniannya maju, bahkan tomatdalam pot sering digunakan sebagai sovenir pada berbagai acara.  Untuk tujuan ini, biasanya dipilih jenis tomat yang berukuran mini—misalnya tomat ceri—yang semarak buah matang berwarna merah. Tentu saja, tanaman dalam pot tersebut dikemas dengan  rapi dan cantik. Tanaman ini dapat diberikan pada orang yang dianggap spesial pada hari yang istimewa.

 

Sumber: Buku Bertanam Tomat dalam Pot

 

loading...
loading...