Inilah Keuntungan Penggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak

Pertanianku — Penggunaan mulsa plastik hitam perak atau yang disingkat MPHP memiliki banyak keuntungan. Biasanya, tanaman budidaya diarahkan menggunakan MPHP dalam pemeliharaannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya gulma yang bisa merugikan tanaman budidaya tersebut.

mulsa plastik hitam perak
Foto: pixabay

MPHP yang dipasangkan pada tanaman budidaya dapat menekan pertumbuhan gulma secara signifikan. Dampak yang dirasakan petani adalah biaya pemeliharaan yang turun, yaitu biaya tenaga kerja dan hama untuk memberantas serangan hama. Warna hitam pada plastik menekan pertumbuhan rumput-rumput liar yang berpotensi menjadi gulma.

Gulma yang tumbuh subur pada penanaman konvensional dapat mengakibatkan pembengkakan pengeluaran. Gulma dapat menjadi kompetitor bagi tanaman budidaya, yakni berebut unsur hara dalam tanah.

Loading...

Selain gulma, keberadaan hama pun akan berkurang dengan pemasangan MPHP. Warna perak pada mulsa dapat memantulkan sinar matahari. Beberapa jenis hama yang terganggu dengan hal ini adalah aphis, thrips, dan tungau.

Dalam pencegahan jamur cendawan, penggunaan MPHP ini juga bisa menunjang gas fumigan yang digunakan. Sterilisasi tanah dengan gas fumigan bisa dilakukan misalnya dengan Basamid-G. Mulsa MPHP ini mempercepat pembentukan gas fumigan tanpa adanya plastik khusus lain yang digunakan.

Karena sudah tertutup, buah atau sayuran yang jatuh terhindar dari percikan tanah. Dengan begitu, hal ini mengurangi risiko berjangkitnya penyakit busuk buah terutama pada tanaman sayuran buah, misalnya cabai.

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan menerapkan MPHP ini adalah pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus pada masa sebelum tanam. Pemupukan yang merata memungkinkan pertumbuhan dan produksi tanaman relatif stabil.

Di sisi lain, pemasangan MPHP juga dapat mencegah terjadinya pencucian pupuk atau leaching oleh air hujan. Penguapan unsur hara yang disebabkan sinar matahari pun dapat ditekan. Di musim kemarau, penggunaan MPHP juga mencegah penguapan air secara berlebihan. Kuantitas penyiraman pun dapat ditekan.

Baca Juga:  4 Fakta Menarik Teknik Aeroponik, Budidaya Tanpa Tanah Hasil Berlimpah

Di dalam mulsa, tanah akan tetap gembur. Suhu dan kelembapan tanah juga relatif stabil jika dibandingkan dengan tanaman budidaya yang tidak ditanami mulsa.

Secara keseluruhan, penggunaan MPHP dapat mengurangi pekerjaan berlebih. Dampaknya tentu saja pada penghematan biaya budidaya.

 

Loading...
Loading...