Inilah Khasiat Bawang Hitam untuk Kesehatan

Pertanianku – Bagi sebagian orang pasti masih terdengar asing dengan bawang hitam. Bawang hitam sebenernya bawang putih yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan bawang hitam. Bawang hitam adalah bawang yang di dapat dari hasil fermentasi antara bawang putih dengan penggunaan suhu yang tinggi pada bawang putih sehingga menghasilkan bawang berwarna hitam. Bawang hitam sedikit memiliki rasa manis, dengan tekstur lembut, gurih, dan kenyal. Bawang hitam di Amerika Serikat bahkan telah dijadikan bahan utama untuk masakan kelas atas.

Inilah Khasiat Bawang Hitam Untuk Kesehatan

Bawang putih memang telah dikenal sejak dulu sebagai obat untuk kanker. Khasiat bawang hitam 10 kali lebih besar dari bawang putih. Sangat baik dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Loading...

Kandungan antioksidan di dalamnya 2 kali lebih besar jika dibandingkan dengan bawang putih. Sebagian orang menyakini bahwa bawang hitam mengandung S-allycysteine di dalamnya, sebagai suatu senyawa yang telah di bicarakan para ahli sebagai salah satu komponen alami yang telah terbukti mencegah kanker

Khasiat bawang hitam

  1. Khasiat bawang hitam dapat mengobati kolesterol tinggi, hioertensi, tumor, dan kanker
  2. Bawang hitam dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti sesak nafas, asma, paru-paru.
  3. Khasiat bawang hitam dapat mencegah penyakit stroke.
  4. Bawang hitam dapat mencegah serangan jantung.
  5. Bawang hitam dapat mengurangi gejala Parkinson.
  6. Bawang hitam membantu penyakit diabetes dan meningkatkan hormon insulin.
  7. Bawang hitam membantu meredakan nyeri sendi.
  8. Bawang hitam dapat membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh.

Berbagai uji lab telah dilakukan dan membuktikan bahwa bawang hitam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain kanker, bawang hitam juga efektif meredakan vertigo.

Bawang putih yang sudah diubah menjadi bawang hitam tak lagi memiliki rasa pedas dan menyengat tanpa mengurangi khasiatnya. Anjarwati menduga, khasiat bawang hitam lebih kuat lantaran ada proses penyusutan akibat pemanasan selama proses pembentukan. Anjarwati mengatakan, 100 gram bawang hitam setara dengan 150 gram bawang putih segar.

Baca Juga:  Atasi Kegemukan dengan Ramuan Herbal

Ditilik lebih dalam, setelah bawang menghitam, beberapa jenis asam amino akan berkurang, tetapi kadar polifenol dan flavonoid yang keduanya merupakan kandungan antioksidan meningkat berkali lipat, begitu juga kadar gula produksi yang meningkat tajam.

Menurut Anjarwati, mengonsumsi bawang hitam juga dapat membantu mengatur selera makan dan bobot tubuh berkat fungsi senyawa fenilalanin yang dikandungnya.

Loading...
Loading...