Inilah Khasiat Kulit Manggis


Pertanianku – Pada umumnya, masyarakat mengonsumsi manggis karena buahnya yang begitu lezat dan menyegarkan. Selain sebagai pelepas dahaga dan menambah kesegaran tubuh, buah manggis memiliki berbagai khasiat obat yang menyehatkan. Khasiat yang paling tinggi dari manggis banyak terdapat di bagian kulitnya. Berikut adalah kulit dari manggis yang berkhasiat mengobati penyakit.

Khasiat Kulit Manggis

Berbagai penelitian membuktikan kulit manggis memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh sehingga dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Mulai dari yang ringan seperti sariawan, luka, wasir, dan keputihan, hingga penyakit berat seperti diabetes, jantung koroner, kanker payudara, hingga HIV/AIDS.

Kelebihan lain kulit manggis dapat meningkatkan sistemkekebalan pada tubuh, menurunkan tingkat depresi dan menstabilkan  fungsi jaringan dalam tubuh. Di bidang lain, kulit manggis digunakan sebagai pewarna tekstil. Masyarakat Thailand secara tradisional memanfaatkan kulit manggis untuk menyembuhkan infeksi kulit, luka dan diare.

Percobaan sederhana tentang kandungan kulit manggis yang berkhasiat obat ini dapat dengan mudah dilakukan oleh setiap orang. Setiap orang mengetahui bahwa buah manggis begitu lezat, nikmat, dan menyegarkan. Setelah selesai dimakan buahnya, cobalah buang kulitnya di tempat sampah. Kemudian dibiarkan kurang lebih dalam jangka waktu satu bulan. Ternyata, kulit buah manggis tidak mengalami pembusukan seperti pada sampah organik lain. Hal itu terjadi karena kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang bersifat sebagai antibakteri dan antimikroba yang kuat. Dari situlah kemudian terungkap khasiat kulit manggis.

 

 

Sumber: Buku Ramuan dan Khasiat Kulit Manggis

 

Baca Juga:  Tips Ampuh Agar Tanaman Cabai Tidak Layu