Inilah Khasiat Seledri yang Wajib Anda Tahu


Pertanianku – Sebagai seorang wanita tentunya sudah tak asing lagi dengan yang namanya seledri. Seledri memiliki nama Latin Apium graveolens. Banyak orang yang mengetahui bahwa daun ini sering digunakan oleh wanita dan chef untuk memasak sup. Tahukah Anda jika daun seledri ini selain digunakan untuk memasak sup, ternyata daun ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Hal ini karena daun ini  mengandung nutrisi, seperti vitamin A, C, B1, dan B2 serta B6.

Inilah Khasiat Seledri yang Wajib Anda Tahu

Seluruh bagian daun ini dapat Anda manfaatkan dan gunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Daun ini pun dapat memberikan kecantikan alami pada wajah. Berikut manfaat daun seledri dan kegunaannya yang wajib Anda ketahui dan terapkan.

  1. Mengobati rematik

Seledri dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit rematik. Caranya, ambil daun seledri secukupnya, lalu cuci daun sampai bersih. Ketika Anda makan, gunakan daun seledri sebagai lalapannya. Lakukanlah hal ini secara teratur untuk proses penyembuhan.

  1. Sebagai obat mata Anda yang kering

Seledri dapat mengobati mata yang kering. Jika Anda memiliki mata yang bisa dikatakan kering, segeralah menyembuhkannya dengan pengobatan alami menggunakan daun seledri. Caranya dengan mencampurkan seledri dengan bayam serta daun kelor. Cucilah bahan  sebelum dipakai. Lalu haluskan bahan tersebut hingga sampai halus dan tambahkan garam kemudian beri sedikit air. Peras semua bahan kemudian minumlah air perasannya. Usahakan minum 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mengobati batuk

Untuk  mengobati batuk, sembuhkan dengan daun seledri. Caranya, potong seledri lalu rebus dengan air secukupnya (maksimal 3 gelas) sampai air mendidih kemudian saring airnya. Diamkan sampai dingin, kemudian beri madu alami dan minumlah ramuan ini sehari 2 kali.

  1. Menurunkan kolesterol
Baca Juga:  Ini Risiko Menyimpan Telur di Lemari Es

Seledri dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Oleh karena memiliki kandungan vitamin A, seledri bisa mencegah kanker serta menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi seledri.

  1. Menyembuhkan anemia

Manfaat daun seledri yang lainnya adalah untuk mengatasi anemia (kurang darah). Untuk mengobati penyakit yang satu ini, sebenarnya tidaklah sulit. Mengonsumsi obat pun juga langsung bisa sembuh. Untuk mengobati anemia, sangat dianjurkan dengan pengobatan alami, yaitu menggunakan seledri. Caranya, sediakan bahan-bahan seperti madu, nanas, seledri dan susu segar. Cuci semua bahan. Setelah bersih, potong nanas menjadi potongan kecil. Kemudian, masukkan semua bahan ke dalam blender dan buatlah jus. Minumlah jus ini untuk menjaga Anda dari kekurangan darah atau anemia.

loading...
loading...