Inilah Komposisi Pakan Penguat Untuk Memenuhi Gizi Kambing


Pertanianku – Selain pakan dalam bentuk hijauan, kambing juga memerlukan pakan penguat untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Pakan penguat dapat terdiri dari satu macam bahan saja, seperti dedak bekatul padi, jagung, atau ampas tahu. Dapat juga dengan mencampurkan beberapa bahan tersebut. Pakan penguat bisa diberikan sebagai campuran dengan komposisi seperti Tabel 11.

Pakan Penguat Kambing

Konsentrat alias pakan penguat tidak boleh diberikan terlalu banyak. Sebaiknya pemberian pakan penguat tidak sekaligus, melainkan diselingi dengan pemberian hijauan. Sebelum diberi konsentrat, terlebih dahulu kambing diberi pakan hijauan.

Pemberian konsentrat pada kambing diharapkan dapat memberikan tambahan berat badan per hari lebih tinggi pada kambing potong sehingga untuk mencapai berat badan tertentu waktunya bisa lebih singkat. Begitu pula pemberian ransum untuk induk yang sedang bunting dan menyusui, akan meningkatkan jumlah dan mutu produksi susu. Untuk memenuhi kebutuhan air, sebaiknya disediakan air bersih pada ember atau tempat khusus di sisi bak pakan.

 

Sumber: Buku Beternak Kambing Unggul

 

Baca Juga:  5 Cara Ampuh agar Bebek Bertelur Setiap Hari