Inilah Kriteria Konstruksi Kandang ALPU yang Baik


Pertanianku – Kriteria kandang yang baik adalah model kandang dapat mendukung pergantian udara dalam kandang agar kebutuhan oksigen selalu terpenuhi. Ventilasi kandang harus baik dan suhu udara dalam kandangsesuai dengan kebutuhan. Kandang juga harus didesain agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam, terutama pagi hari.

Konstruksi Kandang ALPU

Arah kandang sebaiknya membujur dari timur ke barat. Luasnya disesuaikan dengan pertambahan umur ayam. Adapun bahannya juga disesuaikan dengan kemampuan peternak, mulai dari yang sifatnya sederhana (kayu dan bambu), semipermanen, atau permanen. Struktur kandangnya juga perlu diperhatikan, seperti atap, dinding, arah, dan jarak antarkandang.

  • Atap

Atap kandang harus dapat mengurangi cahaya panas. Bentuk atap berupa monitor dapat menjadikan sirkulasi udara lebih lancar sehingga kandang menjadi lebih sejuk. Selain itu, bentuk tersebut membantu mengeluarkan debu dan amonia dari dalam kandang. Adapun bahan atap yang baik cepat menyerap dan menghantarkan panas. Atap dari genting dan atap rumbia lebih baik dari seng atau asbes.

  • Dinding kandang

Dinding kandang berfungsi membatasi ayam agar tidak berkeliaran dan melindungi ayam dari hembusan angin maupun hewan pemangsa (predator). Untuk kandang sistem terbuka, bahan dinding dapat berupa bilah bambu atau kawat harmonika. Dinding kandang harus dibuat sedemikian rupa agar mampu menahan ayam untuk tidak keluar. Hal ini disebabkan ALPU memiliki kemampuan terbang dan melompat sehingga perlu dinding yang tertutup dengan menggunakan kawat.

  • Lantai kandang

Penggunaan lantai kandang model renggang (slat) sebagai lantai kandang ALPU dapat menyebabkan sirkulasi udara lebih baik dan mengurangi kontak antara ayam dengan kotoran. Ketinggian lantai renggang (slat) dari tanah sekitar 1,25 m. Namun, penggunaan kandangdengan lantai litter lebih ekonomis dan cukup baik jika disertai dengan sistem ventilasi yang baik.

Baca Juga:  Fakta Baru! Lemak Susu Bisa Hindarkan Penyakit tak Menular

Jika diperlukan lebih dari satu unit, jarak antarkandang ALPU minimal satu kali lebar kandang atau sekitar 7 m. Jarak antarkandang yang dekat berakibat sirkulasi udara kurang baik, terutama jika terdapattanaman yang tinggi karena kesehatan ayam akan terganggu. Agar keamanan dan kesehatan ALPU terjaga dengan baik, perlu dibangunpagar mengelilingi seluruh lokasi kandang berfungsi membatasi masuknya hewan lain ataupun orang yang tidak berkepentingan dan memudahkan pengontrolan dalan penerapan biosekuriti.

 

Sumber: Buku Ayam Kampung Pedaging Unggul

 

loading...
loading...