Pemilihan Lokasi Usaha Ayam Buras Berdasarkan Aspek Hukum

0

Pertanianku – Pemilihan lokasi merupakan langkah penting sebagai awal dalam menjalankan usaha peternakan yang berorientasi keuntungan. Pemikiran yang matang terhadap penentuan lokasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses produksi peternakan dan kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mencegah dampak negatif dari penentuan lokasi peternakan, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan, yaitu tinjauan aspek teknis, aspek sosial dan ekonomi, serta aspek hukum.

Lokasi Pengembangan Usaha Ayam Buras Berdasarkan Aspek Hukum

Aspek hukum tidak berpengaruh langsung terhadap peningkatan produksi ternak. Namun, tinjauan aspek hukum sangat penting untuk pertimbangan dalam pemilihan lokasi, terutama untuk peternakan berskala menengah sampai besar. Sesuai dengan rencana tata ruang di wilayah setempat, lokasi peternakan harus dipilih sesuai dengan peruntukannya, yaitu di area yang telah ditetapkan menjadi kawasan Peternakan. Calon peternak dapat berkonsultasi dengan Pemda(Pemerintah Daerah) setempat terkait dengan beberapa prosedur pemilihan lokasi. Salah satu prosedur yang harus ditempuh di antaranya perizinan pendirian usaha peternakan, yaitu di lokasi yang sesuai dengan hukum yang berlaku.

Izin pendirian badan usaha dan penggunaan tanah menurut rencana induk (master plan) telah ditentukan oleh pemerintah daerah setempat. Hal tersebut harus dilakukan oleh para peternak. Jika diabaikan, dapat menimbulkan berbagai sengketa hukum di kemudian hari.

 

 

Sumber: Buku  Ayam Buras Pedaging

 

loading...
loading...