Memilih Lokasi Usaha Ayam Buras Berdasarkan Aspek Sosial dan Ekonomi


Pertanianku – Pemilihan lokasi merupakan langkah penting sebagai awal dalam menjalankan usaha peternakan yang berorientasi keuntungan. Pemikiran yang matang terhadap penentuan lokasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses produksi peternakan dan kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mencegah dampak negatif dari penentuan lokasi peternakan, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan, yaitu tinjauan aspek teknis, aspek sosial dan ekonomi, serta aspek hukum.

Lokasi Pengembangan Usaha Ayam Buras Berdasarkan Aspek Sosial

Untuk pengembangan usaha peternakan ke arah yang besar perlu mempertimbangkan faktor sosial dan ekonomi. Hal tersebut terkait dengan lingkungan di sekitar kandang yang secara tidak langsung akan dapat mendukung kegiatan usaha.

  1. Faktor sosial

Faktor sosial yang harus dipertimbangkan antara lain lokasi perkandangan sebaiknya jauh dari pemukiman. Bau kotoran ayam yang menyengat dan debu kandang dapat mengganggu kesehatan penduduk di sekitarnya. Jika kondisi tersebut tidak diperhitungkan maka dapatmenyebabkan penurunan integrasi masyarakat terhadap pembangunan peternakan. Selain itu, pembangunan peternakan sebaiknya berakibat terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat.

  1. Faktor ekonomi

Faktor ekonomi yang perlu dipertimbangkan adalah potensisumber daya alam yang mendukung usaha peternakan. Lokasi yang  dekat persawahan dan tempat penggilingan padi akan memudahkan perolehan sekam dan bekatul. Kedua bahan tersebut dapat digunakanuntuk alas kandang dan makanan ternak. Selain itu, kedekatan dengan sarana transportasi juga bisa memudahkan pengangkutan pakan, bibit, dan hasil panen. Lokasi peternakan hendaknya juga tidak jauh dari pusat pemasaran agar biaya pengangkutannya tidak terlalu besar.

 

 

Sumber: Buku  Ayam Buras Pedaging

 

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...