Memilih Lokasi Usaha Ayam Buras Berdasarkan Aspek Teknis


Pertanianku – Pemilihan lokasi merupakan langkah penting sebagai awal dalam menjalankan usaha peternakan yang berorientasi keuntungan. Pemikiran yang matang terhadap penentuan lokasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses produksi peternakan dan kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mencegah dampak negatif dari penentuan lokasi peternakan, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan, yaitu tinjauan aspek teknis, aspek sosial dan ekonomi, serta aspek hukum.

Lokasi Pengembangan Usaha Ayam Buras Berdasarkan Aspek Teknis

Dari segi teknis, faktor-faktor yang harus diperhatikan adalah faktor  lingkungan hidup yang akan mempengaruhi dan mendukung kehidupan ternak. Lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan ayam buras harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Lokasi harus terbuka dan luas sehingga udaranya segar, bersih, dan tidak lembap.
  2. Lokasi tidak berdekatan dengan keramaian karena dapat menyebabkan ayam stres dan berpengaruh terhadap laju produksi.
  3. Lokasi harus bersih dan tidak berdekatan dengan tanaman atau bangunan-bangunan tinggi yang menghalangi sinar matahari masuk ke kandang. Lokasi yang demikian akan menjamin udara tetap kering dan tidak lembap sehingga kesehatan ayam terjamin.
  4. Lokasi harus lebih tinggi dari sekitarnya, terutama pada daerah yang topografinya miring atau bergelombang. Hal ini sangat penting agar pergerakan udara bebas melewati kandang. Dengan demikian, tingkat kelembapan dan kebersihan kandang tetap terjaga. Lokasi yang lebih tinggi juga berguna untuk menghindari terjadinya genangan air di sekitar kandang sewaktu musim hujan.

Dengan memperhatikan faktor lingkungan yang sesuai, diharapkan kegiatan produksi peternakan dapat berjalan optimal.

 

 

Sumber: Buku  Ayam Buras Pedaging

 

loading...
loading...