Inilah Makanan Penghasil Zat Besi Selain Daging

Pertanianku — Tubuh manusia tidak dapat menghasilkan zat besi. Jadi, dari mana tubuh mendapatkan zat besi? Makanan adalah jawabannya. Nah, ada berapa jenis makanan penghasil zat besi yang Anda tahu?

jenis makanan penghasil zat besi
Foto: Pixabay

Makanan yang berasal dari hewan seperti daging sapi, ayam, ikan, dan telur memiliki jenis zat besi yang disebut zat besi heme, yang lebih mudah diserap. Namun, masih mungkin untuk mendapatkan zat besi yang cukup melalui tanaman dan makanan yang diperkaya zat besi bahkan jika Anda tidak makan daging. Berikut ini lima jenis makanan penghasil zat besi seperti dilansir dari laman Shape, Selasa (21/5).

Tahu

Loading...

Bagi vegetarian, tahu adalah makanan yang disukai dan bukan hanya karena protein yang ditawarkannya. Sekitar 100 gram tahu mengandung 6,4 miligram zat besi, 36 persen dari nilai harian Anda. Tambahkan makanan yang diperkaya zat besi ini ke dalam mangkuk nasi, aduk tahu untuk sarapan, atau campur variasi lembut menjadi smoothie.

Edamame

Kedelai muda ini adalah camilan vegetarian yang lezat dan tambahan yang bagus untuk makanan utama dan sampingan. Elizabeth Shaw, MS, RDN, CLT, dari Shaw’s Simple Swaps mengatakan, edamame mengandung protein nabati yang luar biasa, yang menyediakan lebih dari 40 persen kebutuhan zat besi harian Anda hanya dalam satu cangkir.

Oatmeal

Biji-bijian yang diperkaya, seperti oatmeal, memberikan dosis zat besi cukup besar. Sebungkus oatmeal instan mengandung 40 persen dari kebutuhan harian Anda. Tambahkan oatmeal ke smoothie, atau siapkan oat semalaman.

Lentil

Kacang-kacangan, seperti kacang-kacangan kering dan kacang polong adalah makanan yang kaya protein, kaya zat besi terutama lentil. Satu cangkir lentil yang dimasak menawarkan 6,6 miligram besi, 37 persen dari kebutuhan harian Anda. Tambahkan lentil ke salad, atau buat sup lentil.

Baca Juga:  Jus Buah yang Aman Dinikmati Penderita Diabetes

Brokoli

Pemilik Nutrisi ala Natalie mengatakan, menambahkan sayuran hijau ini ke dalam makanan Anda menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral tanpa banyak kalori.

“Satu cangkir brokoli yang dimasak menawarkan 1 miligram zat besi, hampir dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan, dan 20 persen dari rekomendasi harian Anda untuk serat,” katanya.

Loading...
Loading...