Inilah Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kecantikan


Pertanianku – Belimbing wuluh adalah salah satu buah yang biasanya dijadikan pelengkap bumbu pada masakan. Buah ini tidak dimakan dalam keadaan segar karena rasanya yang sangat asam. Rasa asam dari belimbing wuluh pada masakan akan menghadirkan cita rasa yang sangat segar.

Belimbing wuluh memang jarang digunakan untuk penggunaan lainnya. Namun, tahukah Anda sebenarnya belimbing wuluh memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh? Belimbing wuluh banyak mengandung energi, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan masih banyak zat lainnya.

Selain itu, kandungan vitamin A, B1, dan C dalam belimbing wuluh sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sangat baik bagi kesehatan bila dikonsumsi. Dan tahukah Anda, belimbing wuluh juga sangat berguna untuk kecantikan wajah lho?! Sama seperti umumnya buah-buahan, belimbing wuluh ini yang akan vitamin C ini tentu sangat baik bagi kesehatan kulit.

Beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan, yaitu mengecilkan pori-pori wajah, mengobati jerawat, dan menghaluskan kulit. Belimbing wuluh ini sangat baik digunakan untuk perawatan kecantikan untuk jenis kulit wajah yang berminyak. Yuk, kita lihat manfaat belimbih wuluh untuk kecantikan yang wajib Anda ketahui.

Mengecilkan pori-pori pada wajah

Pori-pori wajah yang besar akan berdampak pada cepat masuknya debu dan kotoran pada wajah. Hal ini yang dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan mudah berjerawat. Melebarnya pori-pori biasanya disebabkan oleh penggunaan produk kosmetik kecantikan ataupun perawatan wajah seperti facial.

Tujuan facial ialah membersihkan wajah dari komedo dan jerawat dengan cara membuka pori-pori wajah. Namun, wajah yang pori-porinya sudah membesar dan terbuka cenderung sulit untuk dikecilkan dan ditutup kembali. Hasilnya, perawatan facial harus sering dilakukan. Belimbing wuluh dapat menjadi solusi tepat untuk menghilangkan dan menutup pori-pori besar pada wajah. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan masker dari belimbing wuluh.

Baca Juga:  Sejuta Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Belimbing wuluh dihaluskan dengan cara diparut dan ditambahkan dengan garam. Garam berfungsi sebagai scrub alami yang dapat mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Kedua bahan yang dicampurkan tersebut dioleskan pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu dan diamkan selama 10—15 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih.

Menghilangkan jerawat secara alami

Selain mengecilkan pori-pori, belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah. Keberadaan jerawat lebih banyak dijumpai pada jenis kulit berminyak. Kandungan vitamin C yang tinggi pada belimbih wuluh berkhasiat mengikat minyak dan kotoran dan melawan bakteri penyebab jerawat.

loading...
loading...