Inilah Manfaat Buah Kasturi yang Jarang Diketahui

Pertanianku – Buah kasturi merupakan tanaman buah endemik yang berasal dari Kalimantan Selatan. Jika diamati, sekilas buah ini mirip dengan mangga. Bahkan, banyak orang menyebut buah ini dengan nama mangga kasturi. Namun, buah kasturi memiliki bentuk lebih kecil dan berkulit tipis dengan warna hijau terang dengan bitnik gelap. Buah kasturi jika telah matang akan berwarna kehitaman dengan daging buah berwarna oranye.

Inilah Manfaat Buah Kasturi yang Jarang Diketahui

Buah kasturi saat ini cukup langka dan sulit ditemukan mengingat bahwa kasturi hanya tumbuh di pedalaman hutan Kalimantan. Hal inilah yang membuat tanaman ini telah masuk dalam daftar merah IUCN (Internasional Union for Consercation of Nature) sebagai tumbuhan punah (Extinct in the Wild). Punah yang dimaksud di sini adalah kasturi tidak dapat dijumpai lagi di habitat aslinya dan hanya dapat dijumpai di perkebunan ataupun di kawasan konversi.

Loading...

Bentuk buah kasturi menyerupai mangga pada umumnya. Namun, memiiki ukuran yang kecil dan beratnya sekitar 50―84 gram. Ada 3 jenis kasturi yang ditemukan. Berikut ketiga jenis dimaksud.

  1. Jenis ini menghasilkan buah berbentuk bulat telur yang berwarna hijau berbintik hitam saat muda dan berubah menjadi warna kehitaman ketika tua.
  2. Jenis ini sekilas mirip dengan kasturi tetapi buahnya berwarna kemerahan dan tidak menjadi hitam ketika tua. Kulit buahnya lebih mudah dipisahkan dari daging buahnya yang berwarna kuning oranye.
  3. Asam pilipisan. Jenis kasturi ini memiliki buah berwarna hijau pucat dan berbintik hitam, tetapi ketika tua akan tetap berwarna hijau. Kasturi jenis ini memiliki serat yang jauh lebih banyak dan warna daging buahnya hijau oranye kekuningan.

Meskipun buahnya kecil, kasturi memiliki aroma yang harum dan rasa yang enak sehingga banyak disukai oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kalimantan Selatan. Selain rasa yang enak, ternyata buah kasturi memiliki banyak manfaat sebagai berikut.

  1. Memiliki nutrisi yang baik
Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Manfaat buah kasturi yang pertama, yaitu buah ini memiliki nutrisi yang baik dan bermanfaat. Nutrisi tersebut antara lain:

  1. Sukrosa sebanyak 7,93% yang memberikan rasa manis pada buah kasturi sehingga bisa digunakan sebagai pemberi rasa manis pada makanan seperti kue.
  2. Lemak yang rendah karena hanya berjumlah sekitar 0,44%.
  3. Protein yang terkandung cukup banyak, yaitu 1,20%.
  4. Manfaat vitamin A dalam jumlah yang tinggi sekitar 6069,29 IU.
  5. Vitamin C sebanyak 81,40%.
  6. Kadar air yang tinggi sebanyak 81,40%.
  7. Sejumlah kecil vitamin E dan mineral lainya seperti zat besi.
    1. Kaya vitamin

Kandungan buah kasturi sama seperti manfaat mangga. Dalam buah kasturi terdapat vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin C, A, dan E. Manfaat vitamin C baik untuk membantu mempertahankan kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit dan menghindari kita dari sariawan. Vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, vitamin C dan A merupakan sumber kalium untuk membantu menjaga tekanan darah, kontraksi otot, dan menjaga proses organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Adapun vitamin E berguna menjaga kesehatan kulit.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah kasturi lainnya, yaitu dapat membantu menyehatkan kulit karena kaya akan anti-oksidan yang bermanfaat melindungi kulit dari radikal bebas akibat udara yang tercemar polusi. Selain itu, AHA (alpa hydroxyl acid) yang banyak terdapat di kulit buah kasturi mampu membantu peremajaan kulit dan mempercepat pengelupasan sel-sel kulit yang telah mati.

  1. Pencegah kanker

Buah kasturi merupakan salah satu jenis mangga. Sama seperti jenis mangga lainnya, buah kasturi mengandung banyak komponen penting yang mampu mencegah kanker. Selain anti-oksidan, senyawa penting lainnya yang membantu fungsi pencegahan kanker  adalah asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, dan metilgallat.

  1. Aman untuk penderita hipertensi
Baca Juga:  Tabulampot Jeruk Tidak Kunjung Berbuah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Mangga kalimantan memiliki banyak mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, fosfor, potasium, tembaga, seng, mangan, dan selenium. Meskipun jenisnya banyak, mineral tersebut masih dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan kadar vitamin yang ada.

Namun, salah satu keunggulan mangga kalimantan ini adalah rasio antara natrium dan kalium masih dalam jumlah yang jauh lebih rendah. Oleh karena itu, sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

  1. Sumber energi

Daging mangga mengandung manfaat karbohidrat dalam bentuk selulosa, pati, dan gula sederhana berupa glukosa, fruktosa, fruktosa. Gula yang terdapat pada buah selain berfungsi memberikan rasa manis, juga berguna sebagai sumber energi yang dapat langsung dimanfaatkan oleh tubuh kita.

  1. Melindungi saluran pencernaan

Serat alami yang terdapat pada buah kasturi menjadikan buah ini layak untuk melindungi saluran pencernaan kita.

  1. Meningkatkan sistem imun

Musim pancaroba yang menjadi musim sakit dapat dilalui dengan aman jika rutin mengkonsumsi mangga. Ini karena adanya kandungan nutritonal, karotenoid, dan kaya vitamin.

  1. Mengoptimalkan kesehatan mata

Manfaat buah kasturi memiliki karoten yang tinggi karena warna buah dagingnya yang oranye. Karoten dan vitamin A memberikan dampak positif untuk kesehatan mata.

  1. Menurunkan Kolestetol Jahat

Kolesterol jahat pada tubuh dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan seperti gangguan kesehatan jantung dan hati. Buah kasturi cocok dijadikan sebagai daftar menu wajib konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Loading...
Loading...