Inilah Manfaat Buncis yang Belum Banyak Diketahui Orang

Pertanianku – Buncis adalah sayur polong-polongan yang memiliki tekstur renyah dan rasa manis. Buncis biasanya diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti sup, tumis, dan salah satu bahan pelengkap untuk salad.

Inilah Manfaat Buncis yang Belum Banyak Diketahui Orang

Buncis mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, vitamin  D, vitamin B12, vitamin C, vitamin  B6, protein, zat besi, kalsium, serat, kalsium, fosfor, potassium, dan tidak mengandung kolesterol serta lemak. Berikut beberapa manfaat buncis untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui.

Loading...
  1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan flavonoida, potassium, dan serat yang tinggi dalam sayur buncis dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, anti-oksidan jenis ini juga bersifat anti-inflamasi sehingga ampuh mencegah pembekuan darah.

  1. Mencegah kanker

Buncis mengandung anti-oksidan tinggi yang ampuh menangkal radikal bebas perusak sel sehat yang dapat memicu kanker.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Buncis mengandung zat b-sitosterol dan stigmasterol yang berfungsi sebagai pengontrol kadar gula dalam darah sehinggga membantu menekan tingkat kadar gula dalam darah.

  1. Mencegah sembelit dan konstipasi

Manfaat Buncis dapat melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, atau sembelit.

  1. Menjaga kesehatan mata

Buncis berfungsi sebagai pencegah penyakit degenerasi macula yang membuat fungsi mata menurun.

  1. Menyehatkan tulang

Tulang membutuhkan asupan nutrisi agar sehat dan bisa berfungsi dengan baik. Buncis mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tulang, seperti kalsium, vitamin K, silicon, dan juga vitamin A. Jika rutin mengonsumsi sayuran ini, Anda akan terbebas dari masalah kesehatan yang mengancam tulang seperti osteoporosis.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Buncis mengandung zat besi tinggi yang ampuh untuk meningkatkan produksi hemoglobin sehingga sirkulasi darah dalam tubuh bisa lebih lancar.

  1. Membuat pikiran lebih tenang

Sayuran yang satu ini memiliki sifat hipoglikemik yang berfungsi menenangkan saraf dan meminimalisir stres sehingga pikiran lebih tenang.

  1. Menjaga Kesehatan janin
Baca Juga:  Rempah-rempah yang Dibutuhkan untuk Membuat Keripik Tempe Semakin Lezat

Buncis kaya akan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Salah satunya untuk mencegah cacat pada tabung saraf janin.

Loading...
Loading...