Inilah Manfaat Daun Apel yang Jarang Diketahui


Pertanianku – Apel merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Apel memiliki banyak varian, mulai dari varian rasa, warna hingga bentuk. Apel dinilai memiliki banyak khasiat atau manfaat, dan juga memiliki nilai gizi tinggi. Apel sendiri merupakan buah yang dihasilkan dari pohon yang sama, yaitu pohon apel. Tanaman buah ini banyak tumbuh di daerah yang cenderung dingin. Di Indonesia sendiri, jenis apel lokal yang cukup terkenal adalah apel malang. Jenis apel ini memiliki cita rasa manis legit dan banyak disukai orang.

Inilah Manfaat Daun Apel yang Jarang Diketahui

Sama seperti berbagai macam pohon lainnya, tentu saja tanaman apel juga memiliki daun. Daun apel merupakan jenis daun yang bukan merupakan bahan konsumsi. Itu berarti daun apel tidak memiliki khasiat dan juga manfaat secara langsung bagi tubuh manusia karena tidak dapat dikonsumsi. Meski tidak memiliki manfaat untuk dikonsumsi dan juga mencegah berbagai macam penyakit seperti buahnya, ternyata daun apel juga masih bisa bermanfaat untuk beberapa hal. Berikut ini manfaat daun apel.

  1. Pupuk kompos

Pupuk kompos merupakan pupuk yang diolah dari sampah dedaunan, yang kemudian dijadikan bentuk pupuk. Hampir semua dedaunan dari pohon bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos ini. Salah satunya, tentu saja daun apel. Daun yang sudah berguguran bisa dikumpulkan menjadi satu wadah tertentu, lalu difermentasikan atau disimpan dalam suatu lokasi. Setelah waktu tertentu, daun apel siap menjadi pupuk kompos.

  1. Penghasil oksigen

Seperti kita ketahui, daun tanaman hijau, seperti daun apel merupakan jenis daun yang melakukan proses fotosintesis. Proses fotosintesis inilah yang menyebabkan pohon dapat memasak makanannya sendiri sehingga dapat berkembang dengan baik. Selama proses fotosintesis, nantinya daun apel akan mengeluarkan oksigen.

Baca Juga:  Cuaca Tidak Menentu, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Ini