Inilah Manfaat Durian di Balik Kelezatannya

Pertanianku – Durian merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis dengan tekstur lembut dan aroma khas yang menggoda membuat banyak orang tergila-gila padanya. Harganya yang seringkali lebih mahal daripada buah lain, tidak menurunkan kepopuleran durian. Buah berduri ini tidak hanya lezat, ada beberapa manfaat sehat jika Anda menyukai durian. Dilansir dari Healthmad, berikut beberapa manfaat durian yang perlu Anda ketahui.

Inilah Manfaat Durian di Balik Kelezatannya

  • Menghaluskan kulit (Vitamin C 80%)

Vitamin C merupakan faktor penting dalam pembuatan kolagen. Kita tahu bahwa kolagen adalah unsur yang penting untuk menjaga keremajaan kulit. Selain itu, kolagen juga berperan dalam tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Hal ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan penyembuhan luka. Setiap satu cangkir durian mengandung vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan harian sebanyak 80 persen.

Loading...
  • Menjaga kesehatan tulang (Kalium 30%)

Durian juga merupakan buah yang kaya akan kalium. Walaupun selama ini nutrisi yang paling dikenal untuk menjaga kesehatan tulang adalah kalsium, kalium juga memiliki peran yang penting dalam penyaluran kalsium dalam tubuh.

  • Menyehatkan pencernaan (Thiamin 61%)

Durian kaya akan thiamin, salah satu vitamin B yang dapat menormalkan nafsu makan dan membantu menghasilkan asam klorida dalam lambung untuk pencernaan yang lebih sehat.

  • Menjaga kehamilan tetap sehat (Folat 22%)

Durian merupakan buah yang kaya folat, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan wanita hamil. Folat penting untuk pertumbuhan jaringan janin dan melindunginya dari gangguan perkembangan otak serta menjaga perkembangan tulang belakang janin. Namun, hati-hati bagi ibu hamil penderita darah tinggi, konsultasikan pada dokter sebelum memutuskan makan durian.

  • Mengatur gula darah (Mangan 39%)

Mangan adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Durian adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan mangan.

  • Menjaga kesehatan otot dan saraf (Magnesium 18%)
Baca Juga:  Buah Tin Ungu, Pohon Buah Cantik nan Mahal Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

Durian merupakan sumber magnesium yang bertindak sebagai penjaga kesehatan sel saraf. Selama sel-sel saraf bekerja aktif, kontraksi otot akan semakin baik.

  • Membantu melawan depresi (Vitamin B6 38%)

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan asupan vitamin B6 akan lebih mudah mengalami depresi. Vitamin B6 yang cukup pada setiap harinya penting untuk memproduksi hormon serotonin, yaitu hormon yang membuat suasana hati lebih baik.

  • Mengurangi sembelit (Serat 37%)

Durian adalah buah yang kaya serat dan karbohidrat kompleks yang menyerap air dan mengembang dalam saluran pencernaan. Mengonsumsi durian dapat membuat pencernaan lebih lancar dan mencegah terjadinya sembelit.

  • Meringankan migrain (Riboflavin 29%)

Jika Anda menderita migrain, durian dapat membantu meringankan sakit kepala. Riboflavin yang terkandung di dalam durian mampu mengatasi sakit kepala akibat migrain.

  • Menjaga tiroid agar sehat (Tembaga 25%)

Banyak orang yang berpikir bahwa satu-satunya nutrisi untuk menjaga kesehatan tiroid (kelenjar gondok) adalah yodium. Padahal, tembaga juga merupakan nutrisi yang berperan dalam metabolisme tiroid, terutama dalam memproduksi dan menyerap hormon.

Itulah beberapa manfaat durian. Untuk Anda  yang mengalami beberapa masalah kesehatan dan tidak diperbolehkan makan durian, konsultasikan dulu pada dokter sebelum menikmatinya.

Loading...
Loading...