Inilah Manfaat Kacang Mete


Pertanianku – Kacang mete atau ilmiahnya Anacardium occidentale adalah keluarga tanaman Anacardiaceae. Kacang mete merupakan jenis kacang-kacangan yang tinggi nutrisi dan baik bagi kesehatan. Tekstur kacang mete yang empuk mengandung energi, antioksidan, mineral, dan vitamin yang penting untuk kesehatan.

Inilah Manfaat Kacang Mete

Pohon jambu mete adalah tanaman asli dari Hutan Amazon. Namun, pohon jambu mete saat ini telah tersebar di seluruh dunia yang dibawa oleh penjelajah Portugis. Tanaman ini sudah dibudidayakan secara komersial di Brasil, Asia, India dan beberapa negara lainnya di Afrika.

Kacang mete adalah bagian dari buah pohon jambu monyet yang berbentuk buah jambu atau yang disebut dengan jambu mete. Buah jambu mete atau jambu monyet berwarna abu-abu sekilas mirip seperti lonceng. Uniknya, biji buah jambu mete terdapat di luar. Bagian terluar menyusun resin fenolik, urushiol, yang merupakan kulit kaustik beracun iritasi yang ampuh. Pada saat pengolahan, bagian luar dipanggang untuk menghancurkan resin urushiol, dan kemudian isi mete dimakan atau diekstrak.

Jambu mete yang berukuran panjang atau sekitar satu inci dengan ujungnya yang berbentuk kacang yang runcing melengkung. Kacang mete memiliki dua bagian sama yang dapat dibelah seperti kacang pada umumnya. Kacang mete yang berwarna putih krem dengan tekstur dan permukaannya yang halus. Kacang mete memiliki tekstur mentega dengan aroma buahnya yang manis dan menyenangkan. Berikut manfaat kacang mete bagi kesehatan.

  • Tinggi kalori

Manfaat kacang mete yang pertama adalah membantu melindungi tubuh dari penyakit dan kanker. Kacang mete mengandung kalori tinggi. Tiap 100 g kacang menyediakan 553 kalori. Kandungan lainnya, yaitu serat larut, vitamin, mineral dan yang mempromosikan phytochemical. Kandungan-kandungan tersebutlah yang akan membantu melindungi dari penyakit dan kanker.

  • Mencegah penyakit terkait arteri
Baca Juga:  Inilah Takaran yang Pas Konsumsi Teh Hijau per Hari

Kacang mete sangat baik dikonsumsi untuk penderita jantung karena mengandung asam tak jenuh tunggal oleat dan asam palmitoleat. Asam lemak esensial ini akan membantu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Studi penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania, yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung lipid darah yang sehat.

  • Mengandung mineral penting

Kacang mete adalah sumber yang sangat kaya mineral penting. Kandungan mineralnya terutama seperti mangan, kalium, tembaga, besi, magnesium, seng, dan selenium. Dengan mengonsumsi sejumlah kacang mete per hari, Anda akan mendapatkan cukup mineral penting. Selenium merupakan mikronutrien penting, yang berfungsi bersama sama dengan enzim antioksidan seperti glutathione peroksidase, salah satu antioksidan yang paling kuat dalam tubuh. Tembaga adalah kofaktor untuk banyak enzim penting lainnya, termasuk sitokrom c-oksidase dan superoksida dismutase (mineral lainnya berfungsi sebagai co-faktor untuk enzim ini adalah mangan dan seng).

  • Mengandung banyak vitamin penting

Kacang mete juga kaya akan berbagai vitamin penting seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan thiamin (vitamin B-1). Tiap 100 g kacang mete menyediakan piridoksin 0.147 mg atau 32%  tingkat harian yang disarankan. Piridoksin dapat mengurangi risiko homocystinuria serta anemia sideroblastik. Niasin akan membantu mencegah dermatitis. Selain itu, vitamin ini sangat penting untuk keperluan memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat pada tingkat seluler.

  • Mengandung antioksidan dan anti degenerasi makula

Manfaat kacang mete yang terakhir mengandung sejumlah kecil zea-xanthin, suatu flavonoid pigmen antioksidan penting yang selektif akan diserap ke dalam makula lutea retina di mata.

loading...
loading...