Inilah Manfaat Memasangkan Suara Cucakrawa


Pertanianku – Sekarang ini, sangat sulit untuk mendapatkan cucakrawa dengan suara kicau yang baik, terlebih lagi yang bersuara roppel. Seperti telah dijelaskan di muka bahwa tipe suara roppel hanya dimiliki cucakrawa asal Sumatera yang saat ini sudah langka. Untuk bisa mengharapkan suara semacam itu hanya mungkin diperoleh dengan cara memasangkan dua cucakrawa. Tujuannya adalah agar nanti cucakrawa mau berkicau bersama dan saling bersahutan.

Cucakrawa asal Lampung

Cucakrawa yang berkicau bersahutan lebih dikenal dengan cucakrawa berpasangan. Pengertian memasangkan suara cucakrawa adalah mendampingkan (mendekatkan) atau dengan menyatukan dua cucakrawa jantan dan betina seumuran dalam satu sangkar. Penggemar kurang menyukai cara memasangkan cucakrawa ini. Hal tersebut bukan disebabkan faktor sulitnya melakukan cara itu, tetapi dikarenakan kelemahan-kelemahan yang dimiliki cucakrawa berpasangan.

Faktor lain yang mengurangi minat penggemar melalukan hal ini adalah tingginya harga cucakrawa bakalan. Bila penggemar hanya sekedar hobi maka tidak perlu membeli cucakrawa dalam jumlah banyak. Walaupun cara cucakrawa berpasangan jarang dilakukan, tetapi hanya dengan cara seperti inilah kualitas suara dapat ditingkatkan. Bagaimanapun, cara ini tidak merugikan karena selain lebih enak dinikmati suaranya, harga jual cucakrawa pun dapat lebih tinggi.

  1. Kelebihan dan kelemahan

Cara mendapatkan suara roppel dengan memasangkan cucakrawa memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya, cucakrawa menjadi lebih rajin berkicau dan tidak mengenal waktu. Adapun kelemahannya, sebagai berikut.

  • Cucakrawa akan mempunyai suara yang kurang baik. Lebih buruk dari suara gedongan. Malas berkicau bila salah satu cucakrawa tidak ada (terlepas, dijual, atau mati).
  • Suara cucakrawa akan pulih kembali jika dicarikan pasangan baru yang cocok. Hal ini agak susah dilakukan karena suara cucakrawa yang baru minimal mempunyai kualitas yang sama dengan cucakrawa yang dahulu.

Kendala-kendala seperti inilah yang tidak disukai oleh para penggemar bila mempunyai cucakrawa yang kicaunya berpasangan. Namun, bagi penangkar akan membeli cucakrawa yang sudah berpasangan dalam berkicau. Hal ini disebabkan begitu dicampurkan dengan lawan jenisnya akan langsung cocok dan cepat memberi keturunan.

  1. Ciri suara cucakrawa yang baik untuk dipasangkan

Karakter yang dimiliki cucakrawa berbeda satu dengan lainnya. Ada cucakrawa yang suka berkicau sendirian. Ada juga yang suka berkicau jika dipancing dengan suara cucakrawa atau burung lainnya. Ciri-ciri cucakrawa yang mudah dipasangkan adalah suaranya selalu memancing burung sejenisnya. Suara yang dikicaukan tidak terlalu keras dan seperti ada kesan ditahan-tahan. Bila ada cucakrawa lain yang menyambut suaranya, cucakrawa tersebut akan lebih mengeraskan suara dan kecepatannya.

Hal ini akan lebih mudah dipahami jika burung tersebut sudah mulai rajin berkicau. Selain itu, jumlah cucakrawa sebaiknya 3—4 ekor. Jika hanya 2 ekor sangat sulit menentukan kecocokannya bila dipasangkan. Hal ini juga yang menjadi salah satu penyeba penggemar kurang berminat memasangkan cucakrawa. Umumnya, cucakrawa yang kicaunya berpasangan adalah jantan dengan betina atau jantan dengan jantan. Pasangan cucakrawa jantan dengan jantan bisa saja dipasangkan. Akan tetapi, hanya didampingkan sangkarnya dan tidak boleh disatukan dalam satu sangkar. Di habitat aslinya, suara kicauan cucakrawa jantan dikumandangkan pada saat musim kawin untuk menarik lawan jenisnya. Kalau sesama jantan mau berpasangan, hal ini lebih disebabkan cucakrawa jantan ingin menujukkan kekuasaanwilayahnya dan memikat hati cucakrawa betina.

Suara yang berpasangan tidak sulit dipantau, hanya tinggal kita melatih mentalnya. Bagaimanapun, kita ingin agar cucakrawa tersebut mau berkicau di segala tempat. Ada sebagian penggemar mencoba mendekatkan sangkar dua cucakrawa sejak masih bakalan. Ternyata tidak mendapatkan hasil. Kegagalan ini kemungkinan besar disebabkan kedua burung tersebut berkelamin betina.

Akan lebih mudah dan lebih cepat jika burung cucakrawa yang akan dipasangkan suaranya telah dipelihara lebih dari satu tahun atau telah mengalami rontok bulu satu kali. Namun, dengan memilih cucakrawa ini berarti harganya telah lumayan tinggi.

 

Sumber: Buku Agar Cucakrawa Rajin Berkicau

 

 

loading...
loading...