Inilah Manfaat Mengonsumsi Sirip Hiu


Pertanianku – Hiu merupakan salah satu hewan jenis mamalia. Hewan mamalia biasanya hidup berkelompok. Hiu memiliki beberapa jenis, yakni hiu macan dan hiu martil. Keberadaan hiu saat ini sedikit karena banyaknya perburuan yang dilakukan oleh para nelayan untuk diambil daging dan siripnya. Sirip hiu dipercaya memiliki manfaat luar biasa jika dikonsumsi.

Inilah Manfaat Mengonsumsi Sirip Hiu

Hiu hanya dapat berproduksi atau memiliki anak sekitar 30—50 ekor dalam sekali beranak. Namun, seperti yang diketahui, di dalam laut juga terdapat beberapa hewan predator yang sering kali memangsa sesama jenisnya. Oleh karena itu, jumlah anakan hiu yang mampu bertahan hingga dewasa tidak sebanyak saat dilahirkan.

Daging hiu memiliki ciri hampir sama dengan jenis ikan pada umumnya. Namun, kandungan gizinya-lah yang membedakan. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi sirip hiu.

Memiliki cita rasa tinggi

Rasa daging sirip hiu sangat nikmat. Dan yang tidak kalah penting adalah harganya sangat mahal. Oleh karena itu, tidak heran olahan hiu tergolong makanan termahal di dunia. Harga kisaran sirip hiu yang sudah dijadikan sup adalah Rp10 juta dalam satu kali makan.

Meningkatkan nafsu makan

Saat tubuh sedang lesu, Anda bisa mengonsumsi sirip hiu. Selain rasanya yang nikmat, ternyata sirip hiu juga memiliki khasiat sebagai penunjang nafsu makan.

Baik untuk jantung

Kandungan protein dan zat lainnya yang terdapat pada daging sirip hiu diyakini juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Penyakit jantung disebabkan sering kali oleh penumpukan plak pada sel darah yang dapat menghambat sirkulasi darah ke jantung. Plak ini juga bisa memicu terjadinya stroke.

Mengatur kadar kolestrol

Sirip hiu tidak memiliki kandungan lemak tak jenuh. Seperti yang diketahui bahwa lemak tak jenuh dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit kolestrol yang bisa meningkatkan tekanan jantung atau penyempitan pembuluh darah ke jantung.

Baca Juga:  Daun Singkong Bisa Tingkatkan Daya Ingat, Bagaimana Bisa?

Baik untuk paru-paru

Sering kali kita menerapkan pola hidup yang tidak sehat seperti minum-minuman keras dan merokok. Kandungan gizi pada sirip hiu dapat menjaga kesehatan paru-paru. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi sirip hiu.

Menyegarkan tubuh

Seseorang setelah mengonsumsi sirip hiu, tubuhnya menjadi segar dan pikirannya selalu tenang. Mungkin hal tersebut karena daging hiu atau sirip hiu memiliki segudang kandungan gizi dan vitamin yang menunjang tubuh kita.

Membuat awet muda

Daging ikan kaya kandungan vitamin E. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin E sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan kulit. Vitamin E juga sangat baik sebagai pencegah keriput pada kulit dan antipenuaan dini.

Menjaga dan merawat kulit

Kandungan yang terdapat pada sirip hiu diyakini dapat membuat kulit cerah merona dan mempertahankan kelembapan kulit.

loading...
loading...