Inilah Manfaat Paprika untuk Kesehatan

Pertanianku – Paprika merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan. Buahnya beragam, ada yang berwarna hijau, kuning, merah, dan ungu. Buah paprika juga sering digunakan sebagai campuran salad. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, sekarang tersebar luas hingga Indonesia karena memang buah paprika cocok ditanam pada daerah tropis. Buah ini tumbuh sepanjang tahun tidak mengenal musim.

Inilah Manfaat Buah Paprika untuk Kesehatan

Tanaman paprika umumnya tumbuh setinggi 50—150 cm. Tanaman ini cocok di berbagai iklim dan dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Untuk budi daya dengan teknik hidroponik, tingginya bisa mencapai 3—4 m.

Loading...

Buah paprika mengandung banyak antioksidan dan vitamin C (150—250 mg/100 g). Kandungan karoten seperti lycopene pada paprika merah sembilan kali lebih banyak. Paprika merah juga memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat dari paprika hijau.

Berikut manfaat paprika yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan.

  1. Menangkal penyakit kanker

Manfaat paprika yang pertama adalah menghindari Anda dari penyakit kanker. Hal ini karena di dalam paprika terkandung senyawa antikanker yang berperan aktif di dalam tubuh Anda. Beberapa penyakit yang dapat ditangkal ketika Anda mengonsumsi paprika, antara lain kanker lambung, kanker prostat, kanker rahim, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas. Adapun sulfur, carotenoid, serta enzim dalam paprika memiliki manfaat sebagai antikanker.

  1. Menangkal penyakit jantung

Paprika ternyata ampuh menangkal penyakit jantung yang sering kambuh. Jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami tekanan darah tinggi dan gangguan pada jantung, konsumsilah paprika. Peran dari gabungan sumber gizi mikro dalam paprika yang membuat seseorang tadinya mengalami masalah jantung dapat segera disembuhkan secara berangsur-angsur.

  1. Menangkal penyakit katarak

Semakin bertambah usia seseorang akan semakin banyak mengalami gangguan penyakit. Terutama penyakit katarak yang umum diderita oleh orangtua saat ini. Dengan mengonsumsi paprika, tidak perlu takut penyakit katarak akan menyerang Anda di waktu usia sudah semakin bertambah. Enzim lutein paprika akan berperan mencegah atau menangkal penyakit katarak yang datang menyerang.

  1. Menjaga sistem imun tubuh
Baca Juga:  Nata De Cassava, Ide Bisnis dari Limbah Tapioka

Paprika dapat menjaga sistem imun tubuh agar tetap stabil.

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Sistem metabolisme tubuh akan berjalan lancar tanpa hambatan dikarenakan anti-oksidan paprika dapat menjadi pengawas setiap perjalanan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh Anda. Kandungan anti-oksidan pada paprika juga memiliki manfaat yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda agar selalu terjaga. Terbebas dari segala macam gangguan yang mungkin akan menyerang di saat yang tidak terduga.

Loading...
Loading...