Inilah Manfaat Rambutan yang Tak Terduga


Pertanianku – Rambutan (Nephelium lappaceum), mungkin hampir semua orang sudah merasakan betapa manisnya buah berambut berwarna merah yang berukuran mungil ini. Saat musim panennya tiba, buah ini akan mudah ditemui atau didapatkan dipinggir jalan atau di berbagai pasar tradisional dan modern. Harganya yang relatif terjangkau, menjadikan rambutan favorit di berbagai lapisan masyarakat Indonesia.

Inilah Manfaat Rambutan yang Tak Terduga

Rambutan yang tergolong buah eksotis ini berasal dari Asia Tenggara. Baru-baru ini rambutan mendapat predikat “superfood” karena berbagai manfaat kesehatan yang dikandungnya. Berikut beberapa manfaat rambutan, seperti dilansir Medical Daily.

  • Antikanker

Peneliti dari Univeristas Chiang Mai di Thailand menemukan bahwa rambutan mengandung anti-oksidan yang dinamakan flavonoid yang sangat efektif mengurangi kadar kolesterol.

  • Mengurangi lemak

Rambutan efektif mengurangi lemak dalam tubuh karena mengandung serat tinggi dan air serta rendah kalori.

  • Kaya vitamin C

Rambutan mengandung vitamin C tingkat tinggi. Mengonsumsi 10—12 buah ini membantu tubuh menyediakan 75—90 mg asam askorbat—salah satu senyawa kimia yang kerap disebut vitamin C.

  • Sumber zat besi

Buah ini kaya zat besi—nutrisi yang digunakan untuk mengalirkan oksigen dari paru-paru ke jaringan-jaringan tubuh. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia.

  • Baik untuk rambut dan kulit

Kandungan air yang tinggi dalam rambutan bisa membantu menghidrasi kulit sehingga membuatnya lembut. Hal serupa juga berefek pada kualitas rambut.

  • Meningkatkan kualitas sperma

Buah ini juga diketahui meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma. Kurangnya kualitas sperma bisa berdampak pada kemampuan reproduksi laki-laki.

Baca Juga:  Ingin Pohon Pepaya Tetap Produktif? Ini Caranya
loading...
loading...