Inilah Manfat Oyong untuk Kesehatan

Pertanianku – Oyong merupakan tanaman merambat. Biasanya oyong ditanam di pinggir-pinggir pagar atau dekat pohon besar. Sayuran yang satu ini memiliki harga yang sangat murah dan dulu dianggap sebagai sayuran yang dikonsumsi bagi orang yang kurang mampu. Padahal oyong memiliki rasa yang lezat, serta dapat diolah menjadi sup dan di tumis. Oyong dapat ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Inilah Manfat Oyong untuk Kesehatan

Oyong memiliki batang yang panjang dan kuat, bahkan lebih kuat dari labu siam sekalipun. Panjang batangnya dapat mencapai puluhan meter. Daunnya memiliki aroma yang segar. Tekstur oyong berbentuk bulat memanjang dan berusuk. Jumlah rusuk pada sayuran ini ada 10 buah, jika oyong dipotong melintang, mirip seperti roda yang bergerigi.

Loading...

Tak hanya menjadi masakan yang menggugah selera, tanaman sayur ini juga memiliki kandungan vitamin yang baik seperti vitamin A, B, dan C. Manfaat oyong lainnya yaitu baik untuk membersihkan darah dalam tubuh.

Mencegah terjadinya penyakit diabetes

Kandungan senyawa cucurbitasin yang terkandung di dalam biji oyong ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Bagaimana cara membuat obat diabates dengan manfaat oyong ini?? Berikut ini cara-caranya :

  • Panggang oyong hingga kering, lalu tumbuk hingga halus
  • Larutkan bubuk oyong dengan air panas
  • Minum larutan bubuk oyong tersbut 1 – 2 kali dalam sehari
  1. Menyembuhkan Penyakit asma

Manfaat oyong yang pertama adalah sayuran ini dipercaya sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat menyembuhkan penyakit asma. Mungkin memang tidak hilang hingga 100%, namun paling tidak sayuran hijau bulat ini dapat mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit asma seperti, sesak nafas, nafas terasa berat namun terasa pendek. Khasiat lain terdapat pada :

Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Cara membuat asma dengan Oyong :

Untuk mengolah oyong sebagai obat asma cukup mudah. Berikut ini hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mengolah oyong menjadi obat asma :

  • Pilihlah oyong yang masih muda
  • Cuci bersih oyong
  • Blender oyong hingga menjadi jus
  • Kemudian dapat menambahkan air dan gula secukupnya, agar tidak merasa mual saat meminumnya
  • Minum jus oyong tersebut 2 kali sehari, untuk membantu pengobatan asma
  1. Melancarkan peredaran darah

Oyong ternyata juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Cara ini dapat dilakukan di rumah, tanpa harus repot-repot membeli berbagai macam jenis multivitamin.

Cara pengolahannya yaitu.

Untuk mengolah oyong agar dapat menjadi obat yang dapat melancarkan pencernaan darah, maka anda dapat melakukan hal berikut :

  • Masaklah oyong bersamaan dengan manfaat jamur kuping
  • Tambahkan bumbu dan bahan lain sesuai selera
  • Sayur oyong yang sudah matang, dapat dimakan untuk melancarkan peredaran darah

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan apabila peredaran darah lebih lancar :

  • Metabolism tubuh terjaga
  • Imunitas dan daya tahan tubuh tidak akan mengalam I penurunan
  • Tidak mudah lemas
  • Suplai darah dan oksigen menjadi lebih lancer
  1. Memperbanyak produksi ASI

Fakta mengatakan bahwa sayur oyong dapat membantu menambah dan memperbanyak ASI seperti manfaat daun katuk. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi anda yang sedang menyusui.

  1. Pengobatan radang usus

Ketika mengalami peradangan pada usus, sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter untuk melakukan pertolongan pertama, cobalah untuk memanggang oyong tua hingga kering. Setelah menjadi kering, tumbuk oyong tersebut, dan seduh dengan menggunakan air panas. Minum larutan tersebut 1 sampai 2 kali dalam sehari untuk membantu mengobati peradangan pada usus.

Loading...
Loading...