Inilah Nutrisi Esensial yang diperlukan Tubuh


Pertanianku – Dahulu, buah hanya dianggap sebagai pelengkap makanan. Dengan berkembangnya berbagai penelitian, terungkap adanya zat kimia aktif dan zat nutrisi yang terkandung di dalamnya, disebut fitokimia dan fitonutrien, yang berhubungan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti pencegahan penyakit, pengobatan, sampai penyembuhan. Selain sumber fitokimia (phytochemicals) yang antara lain berkhasiat antikanker, buah juga sumber serat, antioksidan, vitamin, dan mineral.

does-fruit-cause-weight-gain

Berikut adalah Nutrisi Esensial yang diperlukan Bagi Tubuh dan sering kita temukan dalam buah:

  • Karbohidrat yang terdapat dalam makanan, baik karbohidratkompleks maupun sederhana, dibutuhkan  tubuh sebagai sumber energi. Yang termasuk karbohidrat kompleks adalah polisakarida dan serat, sedangkan karbohidrat sederhana adalah glukosa dan fruktosa.
  • Lemak menghasilkan energi untuk aktivitas tubuh. Lemak bertugas menghantarkan zat-zat gizi ke seluruh bagian tubuh. Lemak jenuh yang dibutuhkan tubuh banyak berasal dari daging hewan, sedangkan lemak tak jenuh banyak terdapat pada buah dan sayuran.
  • Air diperlukan tubuh untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat beraktivitas setiap hari. Selain air, cairan untuk tubuh dapat digantikan melalui konsumsi buah dan sayuran. Dengan demikian, selain cairan akan didapat pula manfaat serat untuk pencernaan tubuh.
  • Protein berfungsi untuk membentuk sel dan jaringan yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan, sekaligus untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Sumber protein hewani adalah daging, sedangkan sumber protein nabati berasal dari kacang-kacangan.
  • Vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Meskipun begitu, masing-masing jenis vitamin seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K tidak tergantikan karena memiliki fungsi yang sangat spesifik bagi tubuh.
  • Mineral selain berfungsi untuk memicu proses metabolismedalam tubuh, juga berguna untuk memelihara sel-sel, jaringan, serta organ-organ tubuh. Beberapa mineral yang esensial untuk kesehatan adalah kalsium, magnesium, dan zat besi.
Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia

 

 

loading...
loading...