Inilah Penggolongan Varietas Tomat Secara Tidak Resmi


Pertanianku – Terdapat beberapa kriteria yang dipakai untuk membedakan varietas tomat, antara lain berdasarkan bentuk buah, tandan, ketebalan daging, dan kandungan air. Bentuk tomat bervariasi, dari bulat, oval, bulat seperti apel, bulat pipih, dan ada yang seperti bola lampu. Berdasarkan penampilannya, tomat digolongkan seperti berikut.

Penggolongan Varietas Tomat Secara Tidak Resmi

  • Tomat biasa

Sering disebut sebagai tomat buah karena dapat langsung dimakan. Bentuk buahnya bulat pipih dan memiliki alur-alur yang jelas di dekat tangkainya serta lebih lunak. Jenis tomat ini lebih cocok ditanam di dataran rendah.

  • Tomat ceri

Ukuran buah tomat ceri kecil-kecil sebesar kelereng. Buah matangnya berwarna merah dan rasanya cukup manis. Saat ini, jenis tomat ceri sudah banyak dibudidayakan secara hidroponik. Para ahli botani memperkirakan varietas ini merupakan ”nenek moyang” dari varietas tomat yang ada sekarang.

  • Tomat apel

Bentuk buah tomat apel yaitu bulat, kokoh, dan agak keras seperti buah apel atau pir. Jenis ini lebih cocok ditanam di dataran tinggi. Tomat jenis ini merupakan jenis tomat yang banyak beredar di pasaran.

  • Tomat kentang

Ukuran buah tomat ini terbilang besar, bulat, dan agak padat. Isi tomat kentang termasuk padat. Bentuk tomat ini mirip dengan buah apel, tetapi ukurannya lebih kecil. Daunnya berukuran lebar. Tomat kentang lebih cocok ditanam di dataran tinggi.

  • Tomat keriting

Varietas ini disebut tomat keriting karena bentuk daunnya yang keriting seperti terserang virus. Tomat keriting sering juga disebut tomat gondol atau tipe roma. Umumnya bentuk buah agak lonjong, keras, dan memiliki kulit tebal sehingga tahan dalam pengiriman jarak jauh.

  • Tomat recento

Termasuk tomat buah karena ukuran buahnya terbilang besar. Umumnya, tomat ini akan matang pada umur 22 hari setelah pembuahan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya tomat recento ditanam di dataran tinggi dengan suhu lingkungan rata-rata 18o C.

  • Tomat pear
Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Oleh karena warnanya kuning, tomat ini kerap disebut sebagai tomat pear kuning. Bentuk buahnya menyerupai buah pir. Seluruh bagian buahnya berwarna kuning. Bentuk buahnya yang unik dan warnanya yang kuning sehingga tanaman ini kerap dijadikan sebagai tanaman hias. Buahnya lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan salad.

 

Sumber: Buku Bertanam Tomat dalam Pot

 

loading...
loading...