Inilah Penyebab Tanaman tidak Berbuah

Pertanianku – Saat kita membudidayakan tanaman buah, terkadang tak kunjung berbuah. Jika begitu, pasti ada penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan tanaman buah Anda gagal berbuah. Berikut kemungkinan-kemungkinan dimaksud.

Inilah Penyebab Tanaman tidak Berbuah

  1. Tanaman belum mencapai batas umur untuk berbuah. Batas umur itu tergantung pada jenis tanaman dan bibit yang digunakan. Kalau bibit menggunakan biji (bibit generatif), batas umur berbuahnya cenderung lebih lama dibandingkan yang berasal dari bibit vegetatif (cangkok, stek, okulasi). Lamanya itu, karena bibit dari biji harus memulai pertumbuhan dari awal. Biji yang tumbuh menjadi tanaman baru harus membentuk akar, batang, tajuk, dan daun sehingga awal produksi bunga atau buahnya lambat.
  1. Pemupukan dengan pupuk N (Nitrogen) yang berlebihan bisa membuat tanaman tumbuh terlalu rimbun. Tajuk tanaman kurang mendapat sinar matahari. Pengaruhnya, proses fotosintesis kurang menghasilkan karbohidrat. Akibatnya, penimbunan karbohidrat tidak maksimal sehingga bunga yang terbentuk sedikit atau tidak ada sama sekali.
  1. Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya bisa berbuah kalau ada pohon berbunga jantan yang tumbuh di dekatnya. Misalnya, lengkeng, salak, wuni, dan rukem.
  1. Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya bisa berbuah kalau bunganya mendapat tepung sari bunga dari pohon sejenis seperti alpukat.
  1. Tanaman menjadi mandul karena terjadi mutasi gen.
  1. Saat berbunga, masaknya bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan waktunya. Sebelum terjadi persarian, salah satu bunga telah gugur lebih dulu seperti pada kelapa.
  1. Kalau pohon berbunga lebat, tapi pada akhirnya buah yang ditunggu tak kunjung tiba, penyebabnya adalah gugur bunga. Keguguran bunga itu bisa disebabkan oleh:
  1. kurangnya nitrogen dan berlebihnya kalsium dalam tanah.
  2. kurangnya air dalam tanah.
  3. batang bawah bibit okulasi kurang baik.
  4. adanya serangan hama atau penyakit.
  5. hujan yang terlalu deras, angin yang terlalu kencang, dan kemarau yang terlalu panjang.
  6. penyemprotan pupuk daun yang tidak tepat waktu. Penyemprotan pada saat tanaman sedang berbunga, percuma dilakukan. Sebaiknya, penyemprotan pupuk daun dilakukan sebelum tanaman berbunga.
Baca Juga:  Mengatasi Serangan Lalat Buah Jambu Air Madu Deli, Bikin Jambu Jadi Busuk!

 

Loading...

Sumber: Buku Agar Tanaman Cepat & Rajin Berbuah

Loading...
Loading...