Inilah Persiapan Sebelum Menanam Bawang Putih

Pertanianku – Pasti Anda sangat senang jika dapat memetik dan memanen bawang putih di kebun sendiri. Tanaman yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini telah menjadi bagian dari sebagian besar masakan asli Indonesia. Selain itu, bawang putih juga dikenal sebagai tanaman obat keluarga yang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan kita.

Inilah Persiapan Sebelum Menanam Bawang Putih

Menanam bawang putih ternyata tidak semudah yang kita kira. Salah sedikit saja, mungkin bawang putih yang sudah kita tanam akan mati. Jika Anda ingin menanamnya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Yang pertama, sebelum menanam bawang putih pilihlah musim yang tepat untuk menanam bawang putih. Kita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia nampaknya tidak perlu melakukan hal ini. Alasannya, bawang putih bisa tumbuh baik dalam cuaca panas maupun musim hujan.

Untuk urusan tanah, bawang putih agak sedikit manja. Jika Anda ingin memberikan yang terbaik untuk bawang putih Anda, Anda harus memilih tanah yang disinari banyak sinar matahari. Tanah yang Anda siapkan pun harus dibuat gembur terlebih dahulu agar bisa ditanami bawang putih.

Selain itu, tanah yang Anda persiapkan juga harus mempunyai drainase yang bagus. Namun, jangan gunakan tanah yang berlumpur. Sebagai tambahan, untuk mempercepat pertumbuhan bawang puth Anda, Anda bisa menambahkan kompos ke dalam tanah Anda.

Baca Juga:  Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah