Inilah Prasarana Yang Harus Dilengkapi Untuk Sukses Beternak Ayam Kampung


Pertanianku – Peternakan akan berjalan dengan baik bila didukung dengan adanya prasarana yang memadai. Prasarana ini sebagai kelengkapan dasar yang pertama harus disadari dan dipersiapkan. Jangan tergesa-gesa atau terlalu menggebu tanpa persiapan karena yang mau beternak itu tidak hanya satu orang. Beberapa prasarana yang diperlukan sebagai berikut.

Ayam kampung

A. Lahan

Lahan atau areal sebagai tempat beternak tentu harus ada tanah karena tidak mungkin Anda beternak di belakang rumah atau dalam areal terbatas. Artinya, harus ada areal tanah tertentu yang disediakan. Agar peternakan dapat berlangsung lama, areal tersebut perlu memenuhi syarat. Berikut syarat suatu areal layak menjadi tempat peternakan.

B. Modal

Tentu modal atau uang untuk membuka peternakan itu sangat dibutuhkan. Modal ini dinamakan “modal awal” untuk beternak. Modal dapat diadakan bertahap, perlahan-lahan dahulu. Apabila modalnya bertahap, besarnya peternakan pun juga secara bertahap.

C. Pekerja

Siapa yang mau mengurus peternakan itu kelak? Apakah Anda sendiri atau ada tenaga yang membantu? Bagaimana kebutuhan tenaga kerjanya? Orang yang mengurus peternakan harus ada. Jumlah tenaga kerja tergantung dari jumlah ayam yang dipelihara. Sebagai contoh bila jumlah ayam masih di bawah 150 ekor, pemeliharaan dapat dilakukan satu orang. Bila jumlah ayam lebih dari itu, dapat dikerjakan dua orang. Apabila menguasai teknik pemeliharaan ayam kampung, peternak dapat menjadi salah satu pekerja tersebut. Namun, ada juga peternakan yang membuat ransum sendiri sehingga kegiatan pemeliharaan bertambah. Adanya penambahan kegiatan tersebut diperlukan pula tenaga tambahan.

D. Pembeli

Hasil dari usaha peternakan (baik telur atau daging) nantinya akan dijual ke mana? Dengan kata lain, pemasaran harus sudah ada. Hasil ternak dapat dijual ke pedagang pengumpul atau langsung dijual ke pasar. Bila dijual ke pedagang pengumpul, peternak tak perlu bersusah payah karena pedagang pengumpul biasanya datang ke peternakan. Lain halnya bila peternak menjual ke pasar membutuhkan waktu dan transportasi.

Baca Juga:  Udang Windu Kembali Bangkit karena Phronima Suppa
loading...
loading...