Inilah Proses Pemijahan Buatan (Artificial Breeding)


Pertanianku – Pemijahan buatan dilakukan dengan metode stripping, yaitu pengurutan perut induk untuk diambil telur dan spermanya. Pengurutan dilakukansetelah induk lele disuntik, yaitu 8—10 jam setelah penyuntikan. Penggunaan hormon buatan lebih praktis dan efisien dalam segi waktu serta kegiatan produksi menjadi lebih terjadwal. Masa pematangan gonad betina sekitar dua bulan untuk kemudian dapat dipijahkan kembali.

Pemijahan Buatan

Pembuahan dilakukan dengan cara mencampurkan telur dan sperma dalam satu wadah. Wadah penetasan telur dapat berupa fiberglass, hapa, akuarium, serta bak terpal plastik. Penggunaan metode ini tidak memerlukan kolam pemijahan. Namun, diperlukan sistem aerasi sebagai suplai oksigen tambahan. Misalnya dengan menggunakan aerator atau blower.

Pemasangan aerator dipastikan tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil. Setelah induk disuntik dengan Ovaprim, masukkan kembali ke kolam khusus yang sudah disiapkan. Proses penyuntikan sama dengan pada pemijahan semialami.

Proses pemijahan buatan

  1. Setelah induk disuntik dengan Ovaprim, masukkan kembali ke kolam khusus yang sudah disiapkan. Proses penyuntikan sama dengan pada pemijahan semialami.
  2. Siapkan wadah penetasan telur yang sudah diisi air, kakaban, serta diaerasi
  3. Lakukan pembedahan induk jantan untuk mengambil gonadnya setelah 8—10 jam pascapenyuntikan, yaitu sekitar pukul 00.00—04.00 pagi. Gonad yang berwarna putih susu menandakan mengandung banyak sperma. Gunting bagian gonad tersebut dengan pisau dan keluarkan cairan spermanya. Tampung cairan sperma dalam mangkuk yang sudah dibasahi dengan larutan garam fisiologis.
  4. Siapkan baskom yang sudah dibasahi larutan garam fisiologis. Ambil induk betina, kemudian pegang bagian tubuh atas ikan, sedangkan kepala ikan ditutup dengan kain atau handuk basah agar induk tidak berontak. Urut bagian perut dengan ibu jari ke arah lubang saluran telur sampai telur keluar semua yang ditandai dengan perut mengempis.
  5. Campur telur dan sperma yang telah siap sedikit demi sedikit sambil ditambahkan larutan garam fisiologis secukupnya, lalu aduk dengan bulu ayam sampai merata.
  6. Masukkan telur yang sudah tercampur ke dalam akuarium.
Baca Juga:  Canggih, Mahasiswa Ini Kembangkan Alat Penghilang Bau Kandang

Sumber: Buku Agriflo Lele

 

loading...
loading...