Inilah Proses Pencernaan Pada Ayam Pedaging


Pertanianku – Pakan yang dimakan oleh ayam akan melalui saluran pencernaan. Proses pencernaan yang terjadi dalam tubuh ayam adalah sebagai berikut.

Proses Pencernaan Ayam Pedaging

  1. Ayam mematuk pakan dengan paruhnya. Pakan masuk ke rongga mulut, kerongkongan, lalu ke tembolok didorong oleh lidah ayam.
  2. Tembolok berbentuk seperti kantung tipis yang berfungsi untuk menampung pakan sebelum terjadinya proses pencernaan selanjutnya. Untuk mengetahui apakah seekor ayam telah makan atau belum, raba temboloknya dari luar tubuh ayam. Di dalam tembolok terdapat kelenjar yang dapat mengeluarkan getah dan berfungsi untuk melunakan pakan.
  3. Pakan kemudian masuk ke proventrikulus yang memiliki enzim pepsin dan memulai terjadinya pencernaan protein. Pakan tersebut tidak dapat tersimpan lama di proventrikulus.
  4. Setelah itu, pakan kemudian masuk ke gizzard (ampela) untuk digiling dan dihancurkan dengan bantuan grits (butiran kerikil) yang dimakan ayam. Selanjutnya, pakan masuk ke usus halus. Sari-sari pakan, termasuk vitamin dan mineral diserap oleh tubuh dan sisanya disalurkan ke usus besar. Pada usus besar terjadi penyerapan air, lalu disalurkan ke kloaka. Kotoran bersama urin ayam dikeluarkan dari kloaka ke anus.

 

Sumber: Buku Panduan Praktis Pembesaran Ayam Pedaging

 

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...