Inilah Ras Kelinci Paling Kecil di Dunia, Dwarf Hotot


Pertanianku – Menjadi ras kelinci paling kecil di dunia, kelinci mini membawa “gen mini” yang bersifat tunggal. Hal ini yang menyebabkan kelinci mini lebihjarang dibandingkan dengan ras lainnya. Di antara varian kelinci mini,  ras netherland dwarf (ND) merupakankelinci mini yang paling populer. Kemudian, diikuti oleh holland lop yang merupakan versi mini dari ras lop asal Inggris.

Dwarf Hotot

Kelinci yang berasal dari Jerman ini mudah dikenali akibat ciri khusus di matanya. Dwarf hotot merupakan kelinci ras mini yang memiliki bingkai hitam di sekitar matanya sehingga tampak seperti mengenakan eyeliner. Kelinci ras ini baru diresmikan oleh ARBA sekitar tahun 1984.

Dwarf hotot mampu mencapai bobot maksimal hingga 1,36 kg. Sekilas, ras dwarf hotot memang menyerupai kelinci ras polish. Namun, perbedaannya terdapat pada bahunya yang selebar pinggul dengan bentuk membulat. Telinganya berbentuk V dan tegak dengan panjang maksimal 5—6 cm. Terdapat dua warna eyeliner pada dwarf hotot, yakni hitam dan cokelat. Namun, baru pada tahun 2006 dwarf hotot dengan eyeliner berwarna cokelat diterima oleh ARBA. Meski sedikit moody dan sensitif, dwarf hotot dapat menjadi peliharaan yang sangat jinak jika dilatih dengan baik.

Baca Juga:  Teknologi Canggih Ini Telah Lebih Dulu Dimiliki Hewan
loading...
loading...