Inilah Strategi Memasaran Sarang Walet


Pertanianku – Kegiatan pemasaran merupakan bagian dari kegiatan yang akan menentukan keberhasilan suatu industri. Produk yang baik akan dapat didistribusikan dengan baik kepada konsumen melalui strategi pemasaran yang tepat. Faktor lain yang berperanpenting yaitu sistem pembayaran. Faktor ini akan berpengaruh terhadap arus keluar-masuk uang dalam suatu industri.

Perkembangan Walet di Indonesia

Pemasaran hasil produk agribisnis di Indonesia sampai sekarang terdengar asing di kalangan peternak/petani. Hal ini biasanya terjadi pada peternak yang menggantungkan penjualan produknya kepada satu penampung. Bila penampung itu tidak ada atau menurunkan harga semaunya, peternak tidak punya alternatif untuk memasarkan. Kalau pun ada, biasanya peternak sering merasa lemah dalam kemampuan tawar-menawar yang mungkin dikarenakan keterbatasan informasi mengenai pasar.

Mengetahui situasi pasar secara tepat merupakan hal yang penting dalam bisnis sarang walet karena saat ini diindikasikan masih terkontaminasi dengan bisnis semu yang tidak menyentuh pasar riil. Untuk menghindari informasi-informasi bias, sebaiknya peternak mencari informasi dari sumber langsung yang membutuhkan sarang walet secara nyata, misal hotel, restoran, atau eksportir. Informasi dari instansi terkait juga bisa dipertimbangkan untuk crosschek atau untuk mengetahui apakah ekspor sarang walet dari Indonesia memang ada. Kalau ada, seberapa besar volumenya dan seberapa sering frekwensinya. Hal ini diperkuat dengan situasi pasar bisnis sarang walet yang terkesan black market, menambah kelemahan informasi pasar sarang walet.

Keadaan ini dikarenakan hubungan jual beli peternak dan pembeli hanya dua pihak saja yang menutup orang lain untuk mengetahui karena penjualan sarang walet bermain di nilai yang cukup besar sehingga meminimalisir pencurian atau perampokan gedung sarang walet. Adanya penyalur yang kredibel dan bertanggung jawab juga perlu diketahui.

Baca Juga:  Pemerintah Susun Kebijakan Persusuan Nasional Demi Kemaslahatan Bersama

Banyak yang memproklamasikan dirinya sebagai penyalur, tetapi penyalur yang mempunyai akses ke berbagai tempat/ pasar riil saat ini belum banyak. Ratarata dari penyalur sarang walet hanya bertindak sebagai perantara yang akhirnya menjual kembali kepada pihak lain yang membutuhkan dengan sebelumnya mengambil keuntungan. Untuk mendapatkan informasi awal, bisa diperoleh melalui internet, suratkabar, tabloid, atau peternak yang sukses menjual. Informasi-informasi yang riil dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan strategi pemasaran yang sudah harus dipikirkan sebelum melakukan budi daya walet.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

 

loading...
loading...