Inilah Syarat Kandang Anjing Yang Baik


Pertanianku – Tidak semua orang dapat memelihara anjing dengan melepaskan secara bebas di dalam rumah. Jika Anda memelihara anjing terlalu banyak sehingga mengotori rumah atau anjing terlalu bandel dan tidak dapat dipercaya untuk dilepas sebaiknya membuat kandang soliter yang cukup luas sehingga anjing tetap dapat bergerak dengan bebas , aman dan tidak mengganggu sepanjang hari.

Syarat Kandang Anjing

Sangat tidak baik untuk mengurung anjing dalam kandang yang kecil dalam waktu yang lama. Anjing butuh ruang untuk bergerak terutama untuk anjinganjingyang memerlukan aktifitas yang tinggi, seperti golden retriever, rottweiler, dalmatian, dan sebagainya. Jika Anda memiliki kandang yang cukup luas tidak perlu khawatir jika ingin meninggalkan anjing di rumah ketika Anda bekerja. Anjing tidak akan menginjak kotorannya jika Anda tidak sempat mengeluarkannya untuk buang kotoran. Anjing tetap akan dapat bermain/bergerak, sehat, dan tidak stres.

Syarat Kandang

  1. Kandang harus memiliki tempat untuk berteduh dari panas matahari dan hujan. Perbandingan tempat berteduh/ tertutup dengan terbuka adalah 30 : 70 atau 40 : 60.
  2. Tersedia ruang cukup untuk bermain.
  3. Tersedia ruang untuk buang kotoran.
  4. Bagian untuk berteduh harus terkena matahari pagi/menghadap ke timur agar bebas dari cendawan dan tidak panas pada sore hari.
  5. Keseluruhan kandang mendapat aliran udara yang baik.
  6. Lantai memiliki sudut kemiringanyang cukup sehingga terhindar dari genangan air.
  7. Lantai tempat bermain memakai semen, paving block, atau ditanami rumput.
  8. Jika lantai tempat bermain menggunakan semen, sebaiknya dibuat agak kasar agar tidak licin sewaktu basah.
  9. Ukuran kandang disesuaikan dengan ukuran anjing dan jumlah anjing yang dipelihara. Untuk anjing trah besar, seperti rottweiler minimal 1m x 3m. Ukuran juga dapat disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...