Inilah Syarat Tumbuh Jamur Tiram


Pertanianku – Sebagai saprofit, jamur tiram menggunakan sumber karbon yang berasal dari bahan organik untuk diuraikan menjadi senyawa karbon sederhana kemudian diserap masuk ke dalam miselium. Kemampuan menguraikan senyawa organik ini menyebabkan jamur dapat tumbuh pada berbagai bahan yang mengandung karbohidrat atau senyawa karbon organik lainnya. Sumber karbon yang dapat diserap masuk ke dalam sel adalah senyawa-senyawa yang bersifat larut seperti monosakarida atau senyawa sejenis gula, asam organik, asam amino, dan senyawa sederhana lain.

Jenis Jamur Tiram

Banyaknya unsur-unsur mineral yang dibutuhkan untuk nutrisi jamur tercermin dari kadar unsur tersebut yang terdapat di dalam miselium atau badan buah jamur. Dengan mengalikan kadar unsur dengan berat jamur akan diketahui banyaknya mineral yang diserap oleh jamur. Dengan demikian, unsur-unsur tersebut sebenarnya hanya dipindahkan dan dikonversikan dari media tanam ke dalam sel-sel jamur. Jumlah mineral yang diserap dapat diperkirakan dari jumlah unsur mineral yang harus ada dalam media tanam, tentu saja dengan asumsi tidak 100% unsur dalam media tanam dapat diserap oleh miselium vegetatif.

Bila muncul pertanyaan mengenai media tanam yang paling sesuai untuk pertumbuhan jamur tiram maka jawabannya adalah jamur tiram dapat diadaptasikan dalam kondisi media tanam yang cukup bervariasi karena memang bersifat saprofit. Namun, penggunaan media tetap harus memperhatikan syarat pertumbuhannya. Sebagai contoh, apakah serbuk kayu gergajian dari kayu keras bisa digunakan? Jawabannya adalah bisa, tetapi pada kayu keras kandungan ligninnyatinggi, padahal lignin lebih sulit untuk dirombak dibandingkan dengan selulosa sehingga bisa meng hambat pertumbuhan jamur. Untuk itu, agar pertumbuhan jamur tetap berlangsung baik, pada bahan media tanam kayu keras sebaiknya ditambahkan bahan yang mengandung selulosa tinggi dan bahan yang mempunyai nisbah C/N rendah seperti bekatul, bungkil kelapa, atau ampas tahu.

Baca Juga:  Budidaya Tanaman Hidroponik untuk Pemula

 

 

Sumber: Buku Bisnis Bibit Jamur Tiram

 

loading...
loading...