Inilah Teknik Memerah Susu Sapi dengan Benar


Pertanianku – Sapi merupakan hewan ternak yang dapat menghasilkan daging dan susu. Beternak sapi banyak dilakukan masyarakat, terutama di pedesaan. Bahkan di pedesaan beternak sapi menjadi mata pencaharian utama. Hal ini karena sapi merupakan hewan ternak yang memiliki nikai ekonomis cukup tinggi.

sapi-perah-fh_pondok-ranggon_febri_030512-177

Untuk Anda yang baru akan memulai usaha peternakan sapi perah, Anda diharuskan menguasai teknik memerah sapi dengan tepat. Pasalnya, untuk memerah susu sapi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terlebih untuk orang yang belum pernah melakukannya sama sekali.

Sebenarnya, untuk melakukan proses pemerahan tersebut tidaklah terlalu sulit. Hanya saja yang belum terbiasa pasti akan merasa sedikit kesulitan waktu pertama melakukannya. Berikut teknik memerah susu sapi.

Untuk melakukan pemerahan yang harus Anda perhatikan adalah ambingnya. Memahami cara kerja ambing merupakan hal penting untuk membantu proses pemerahan susu. Ambing merupakan organ tubuh pada sapi untuk penyimpanan susu. Cara memerah susu sapi bisa dilakukan dengan mempersiapkan peralatan untuk memerah seperti tempat pemerahan yang bersih, wadah untuk susunya nanti dan yang lainnya.

Berikut beberapa tips memerah susu sapi dengan baik

Sebelum melakukan proses pemerahan, Anda harus memerhatikan kondisi hewan ternak tersebut. Pemerahan bisa dilakukan 4—7 hari setelah sapi sudah melahirkan. Ini karena sebelum hari ke-7 kambing menghasilkan kolostrum yang dibutuhkan oleh anaknya untuk menunjang kelangsungan hidupnya.

Jika sapi yang mau diperah sudah memenuhi syarat, langkah yang harus dilakukan adalah menaruh sapi tersebut di tempat yang bersih (kandang) serta ukurannya tidak terlalu besar. Namun, sebelumnya Anda harus membersihkan ambingnya terlebih dahulu dengan air hangat agar susunya nanti steril dan tidak kotor.

Untuk proses pemerahan, dianjurkan menggunakan wadah dari kaca atau stainless sebagai tempat untuk menampung susu. Lalu, proses pemerahannya dengan menaruh wadah tersebut tepat di bawah ambing sapi. Untuk mengeluarkan susunya, cukup dengan meremas ambing dari dot yang ada di dekat pangkal ambing dengan jempol dan telunjuk. Susu akan keluar dan pastikan wadah sudah siap untuk menampung susu. Namun, Anda perlu tahu hasil perahan susu yang pertama harus dibuang. Hal ini karena susu mengandung bakteri.

Baca Juga:  Dinas Peternakan NTB Terus Galakkan Penanaman Pakan Berkualitas

Saat sudah terbiasa melakukan pemerahan susu sapi pasti akan terasa mudah. Bila saat memerah aliran susu yang keluar melambat, Anda harus memberikan rangsangan dengan cara menggerakkan ambing dengan tangan dan bila dirasa sudah cukup, proses pemerahan bisa dihentikan. Bila proses pemerahan sudah selesai, kembalikan sapi ke kandang dan satukan dengan anak-anaknya.

Tidak sulit untuk melakukannya bukan?

loading...
loading...