Inilah Teknik Perbanyakan Durian

Pertanianku – Durian dapat diperbanyak dengan biji yang tua, okulasi, susuan, dan sambungan. Namun, bibit hasil okulasi lebih populer dan dianjurkan daripada biji. Sebagai batang bawah, digunakan tanaman dari biji yang telah berumur 4—8 bulan. Jenis durian untuk batang bawah belum ada yang khusus, tetapi dianjurkan menggunakan jenis durian kompatibel (serasi) dan sehat.

durian 1

Pada saat ini, penggunaan bibit durian okulasi atau sambungan lebih populer walaupun harganya mahal. Bibit okulasi atau sambungan lebihterjamin karena mutunya sesuai dengan keunggulan pohon induk dan bibit lebih seragam karena bersifat klonal. Perubahan sifat mungkin terjadi karena penggunaan bibit batang bawah yang kurang tepat (tidak kompatibel). Kejadian ini biasa ditemukan pada tanaman durian okulasi atau sambungan dengan batang bawah dari biji yang dikumpulkan dari pedagang durian (biji sapuan).

Loading...

Tanaman durian tumbuh dan berbuah baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 m dpl dengan tipe iklim basah. Curah hujan sekitar 1.500— 2.500 mm/tahun dan merata sepanjang tahun. Lokasi penanamannya terbuka, walaupun relatif tahan naungan. Jenis tanah latosol dan aluvial yang subur lebih disenangi. Namun, untuk lahan yang air tanahnya dangkal kurang baik ditanami durian.

 

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Pemberian Air untuk Tanaman Buah Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan
Loading...
Loading...