Inilah Teknik Tepat Budi Daya Landak Mini

Pertanianku – Pernahkah Anda terpikir untuk memiliki landak mini? Baik untuk menjadikannya hewan peliharaan di rumah maupun untuk menjalankan bisnis budi daya landak mini? Jika Anda tertarik, cobalah mempertimbangkannya. Pasalnya, belakangan ini landak mini mulai banyak menjadi perhatian bagi para penggemar hewan peliharaan. Mengetahui situasi yang demikian, sudah saatnya Anda bergerak dan mengambil langkah untuk memiliki usaha budi daya landak mini. Selain untuk kepentingan hobi, sekaligus dapat menambah pundi-pundi rupiah Anda bukan?

Inilah Teknik Tepat Budi Daya Landak Mini

Sebelum memulai membudidayakan hewan mungil dan lucu ini, terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Anda harus banyak meluangkan waktu untuk merawat sekaligus membudidayakan landak mini karena hewan satu ini sangat membutuhkan perhatian khusus. Selain memerhatikan kondisi kesehatan dan asupan makanan landak betina yang hamil, perhatian pascamelahirkan kepada induk dan anak-anak landak juga perlu. Ini karena ketika kondisi dirasa tidak nyaman bagi induk landak, induk landak bisa memakan anak-anaknya sendiri. Namun, jika Anda melakukannya dengan prosedur yang tepat pasti akan berjalan dengan semestinya. Berikut teknik tepat budi daya landak mini.

Loading...
  1. Tahapan sebelum mengawinkan landak

Langkah awal sebelum memulai budi daya landak mini adalah membiarkan landak jantan dan betina melakukan proses reproduksi. Pada proses ini Anda membutuhkan kandang tempat mereka hidup dan melangsungkan proses reproduksi di sana. Pembuatan kandang tidak begitu merepotkan, bahkan Anda dapat membelinya. Siapkan kandang seluas 30 cm yang dapat dibuat dari sambungan kayu dan ditutupi oleh kawat, atau lebih mudahnya Anda dapat membeli aquarium dengan ukuran yang sama.

Pakan untuk landak landak mini, sebaiknya Anda beli di pet shop. Makanan untuk landak mini sama dengan makanan untuk anjing atau kucing. Namun, jika ingin memberikan pakan selingan untuk landak mini, Anda dapat memberikan pakan berupa ulat hongkong, ulat jerman, dan jangkrik. Jenis pakan tersebut mengandung protein yang baik untuk kesehatan landak mini Anda.

Baca Juga:  Tips Mengawinkan Burung Lovebird

Selanjutnya, masuk pada proses pemilihan pasangan landak, landak betina dan jantan tidak bisa asal dipilih saja. Landak yang hendak dikawinkan harus memiliki sifat atau kelakuan yang baik, dalam artian jinak. Selain itu, umur landak mini yang sesuai untuk dikawinkan adalah di atas 5 bulan dan tidak melampaui usia 12 bulan.

  1. Mengawinkan landak mini

Cara mengawinkan landak cukup dengan memasukkan landak mini jantan dan betina dalam satu kandang, lalu biarkan selama 7 hari. Disarankan untuk mencatat waktu proses perkawinan landak hingga sang betina hamil. Setelah 7 hari, Anda wajib mengeluarkan pejantan dari kandang dan membiarkan sang betina sendirian. Usia kehamilan landak mini pada umumnya adalah 35 hari meskipun ada juga yang mencapai 46 hari.

  1. Merawat induk landak dan anak landak mini

Sediakan kotak khusus untuk indukan landak beserta anakan landak untuk memudahkan Anda dalam proses perawatan, pemeriksaan, dan pemantauan perkembangan induk dan anakan nantinya. Perhatikan apakah ada suara decitan dari dalam kotak atau tidak, jika ada maka induk landak telah melahirkan. Dilarang keras menyentuh anak landak. Ini karena induk landak akan tidak mengenali anak yang Anda sentuh karena baunya telah bercampur dengan bau/aroma Anda. Jika hendak memindahkan anak landak, dapat menggunakan sendok.

Loading...
Loading...