Inilah Tips Pemeliharaan Kangkung


Pertanianku – Kangkung dapat dengan mudah ditanam di semua tipe tanah, asalkan tanahnya subur (cukup mengandung lumpur) dan cukup air. Kangkung biasanya ditanam di kolam, rawa, sawah, atau di atas timbunan sampah. Tanaman ini jarang ditemui di pekarangan. Kangkung darat biasanya ditanam di tempat-tempat yang agak kering, sedangkan kangkung air di pinggir-pinggir kolam dan rawa.

kangkung..

Dalam penanamannya, bisa dibilang tanaman kangkung hampir tidak membutuhkan pemeliharaan yang rutin, kecuali pembersihan rumput-rumput yang mengganggu. Akan tetapi, sebaiknya tanaman diberi pupuk urea pada umur tujuh hari setelah tanam.

Pemanenan kangkung bisa dengan cara dicabut dan dipangkas. Biasanya kangkung air dipanen dengan cara dipangkas, sedangkan kangkung air dipanen dengan dicabut.

Jenis kangkung yang enak dimakan dan terkenal antara lain kangkung darat (Ipomoea reptans L. Poir) dan kangkung air (Ipomoea aquatica Forsk). Kangkung darat berdaun panjang, berujung runcing, dan berwarna hijau keputih-putihan. Bunganya berwarna putih. Sementara itu, jenis kangkung air berdaun panjang, tetapi ujungnya agak tumpul dan berwarna hijau kelam. Bunganya berwarna kekuning-kuningan atau ungu. Varietas kangkung darat di antaranya sutera dan bangkok. Adapun varietas kangkung air di antaranya sukabumi dan biru.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik
loading...
loading...