Inilah Tips Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman


Pertanianku- Salah satu keuntungan menanam sayuran di dalam pot adalah mudah dalam pengendalian hama dan penyakit. Hal ini karena dalam satu pot hanya terdapat satu jenis tanaman sehingga penularan penyakit lewat akar jarang terjadi. Kondisi tanaman sayuran perlu diperiksa setiap hari agar terhindar dari serangan hama dan penyakit yang merusak tanaman. Apabila ditemukan ulat atau kutu maka harus segera diambil dan dimatikan.

Pemupukan dan penyiraman Tanaman Tomat

Penyakit yang sering menimpa tanaman sayuran biasanya disebabkanoleh virus, bakteri, atau nematoda. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri antara lain kudis, bercak daun, busuk lunak, layu pembuluh, dan puru. Tanaman yang terinfeksi virus ditandai dengan terjadinya penurunan produksi dan perkembangan yang terhambat, bahkan tanaman menjadi kerdil, sedangkan serangan virus dicirikan dengan daun tanaman yang menguning atau kecokelatan.

Pengendalian penyakit bisa dilakukan dengan menjaga sanitasi tanaman dan lingkungannya. Apabila tanaman sudah terkena penyakitmaka daun-daun yang sakit segera dikumpulkan dan dibakar, kemudian ditimbun di dalam tanah. Pengendalian penyakit juga bisa dilakukan dengan menggunakan biopestisida. Biopestisida bersifat efektif, ekonomis, alami, mudah diaplikasikan, serta ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan. Biopestisida yang digunakan merupakan hasil dari ekstraksi bagian tertentu pada tanaman (daun, buah, biji, atau akar).

 

Sumber: Buku 15 Sayuran Organik dalam Pot

 

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti
loading...
loading...