Inilah Tujuan Pemangkasan Pada Tanaman Buah Naga


Pertanianku – Tanaman buah naga termasuk tanaman semak merambat yang dapat hidup epifit dengan akar udara pada batang sulurnya. Daerah dengan ketinggian 10—700 m dpl dan suhu udara berkisar 26—36° C merupakan tempat tumbuh optimal bagi tanaman buah naga. Selain itu, tanaman buah naga menyukai kondisi kering dengan curah hujan rendah, yaitu 720 mm/tahun. Curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan pembusukan akar dan batang serta menghambat keluar bunga, bahkan bunga yang muncul menjadi gugur.

budidaya-buah-naga

Untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimal dan rajin berbuah, tanaman perlu dirawat dengan intensif. Perawatan tanaman terkait dengan pengikatan, penyiraman, pemupukan, dan tentunya pemangkasan.

Pemangkasan bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dan merangsang pembuahan. Dengan pemangkasan, cabang tidak tumbuh terus-menerus dan bertunas sehingga nutrisi yang diperoleh tanaman akan digunakan untuk pembentukan buah. Sebaiknya, pemangkasan dilakukan sebagai berikut.

  1. Pangkas batang utama yang tingginya 2 m (mencapai ujung tiang panjatan) sepanjang 5—10 cm.
  2. Pangkas cabang produktif. Sisakan 2—4 cabang produktif di ujung batang utama yang dipertahankan.
  3. Ujung cabang produktif yang dipertahankan jika telah mencapai 80—100 cm, pangkas sepanjang 5—10 cm.
  4. Pangkas cabang sekunder yang tumbuh di bawah tajuk, cabang yang tidak produktif (siwing), dan cabang yang telah berumur lebih dari dua tahun serta sulur-sulur yang terhalang untuk mendapatkan sinar matahari.
Baca Juga:  Ragam Jenis Anggur yang Perlu Diketahui
loading...
loading...