Inilah Varietas Padi dan Jagung yang Tahan Cuaca


Pertanianku – Salah satu kendala utama pada di sektor pertanian adalah perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba, yang disebut dengan anomali cuaca. Agar menghasilkan panen yang melimpah, dapat melalui adaptasi dan mitigasi. Salah satunya pemilihan varietas tanaman yang tepat serta dapat bertahan terhadap anomali cuaca.

Inilah Varietas Padi dan Jagung yang Tahan CuacaSelain untuk mengatasi anomali cuaca, kualitas hasil panen pada tanaman pangan, juga dipengaruhi oleh varietas yang digunakan. Kelebihan varietas unggul yang ditawarkan antara lain, produktivitas lebih tinggi, lebih toleran terhadap kondisi curah hujan, penyinaran matahari, hingga suhu tanah. Selain itu, varietas yang tinggi produksinya dan tahan dari serangan berbagai jenis hama, tentu membuat kualitas hasil yang lebih baik.

Jagung yang Tahan CuacaSelain menggunakan jenis varietas unggul yang cocok terhadap anomali cuaca, Anda juga bisa mengantisipasinya dengan cara diversifikasi tanaman pangan. Hal tersebut dilakukan karena sebagaimana diketahui, banyak komoditi tanaman pangan yang tahan kekeringan, tetapi secara keseluruhan nilai ekonomisnya rendah. Sebaliknya, banyak tanaman pangan yang kurang tahan terhadap perubahan iklim tetapi nilai ekonomisnya kurang tinggi.

Adapun contoh varietas padi unggul yang tahan terhadap perubahan iklim antara lain varietas padi Inpari 13, Lipigo 1, Lipigo 2, Lipigo 3, Inpago 4, padi MSP, hingga varietas padi Mira 1. Sementara itu varietas jagung yang cocok pada musim kering adalah jagung Hibrida P28, Bima-17, Bima-18, Bima Provit A1, jagung pulut bersari bebas URI-1 dan URI-2, hingga Mr 14.

Oleh karena itulah, untuk mendapatkan nilai ekonomis yang tinggi serta mengurangi gagal panen, dapat dilakukan diversifikasi tanaman antara tanaman ekonomis tinggi dan ekonomis rendah. Misalnya, jagung diversifikasi dengan ubi jalar, kedelai diversifikasi dengan talas dan banyak lagi tanaman yang dapat diversifikasi antara satu tanaman dan tanaman lainnya

loading...
loading...