Inilah Waktu dan Cara Memanen Cabai yang Tepat

Pertanianku – Umur panen dipengaruhi oleh varietas dan lokasi penanaman. Di dataran rendah, tanaman akan lebih cepat panen dibandingkan di dataran tinggi. Umur panen pertama adalah 75—85 HST di dataran rendah atau 85—95 HST di dataran tinggi. Pemanenan dilakukan 3—4 hari sekali hingga 16—20 kali panen.

Inilah Waktu dan Cara Memanen Cabai yang Tepat

Sebagaimana buah dan sayuran lainnya, buah cabai yang telah dipanen masih melakukan kegiatan respirasi, transpirasi, dan fotosintesis. Hal tersebut menyebabkan buah cabai masih terus mengalami proses pemasakan sampai buah masak penuh. Oleh karena itu, buah cabai harus dipetik pada tingkat kemasakan yang tepat. Untuk pemasaran jarak jauh, sebaiknya buah dipetik saat masih berwarna kehitaman (tingkat kematangan 70%). Tujuannya agar cabai mencapai tingkat kemasakan optimal saat sampai di lokasi pemasaran. Untuk pasar lokal, pemanenan cabai dilakukan saat buah memiliki bobot maksimal dan warnanya merah menyala atau 80% masak. Panen buah yang masih muda menyebabkan buah cepat layu, mengurangi bobot buah, serta tidak bertahan lama dalam penyimpanan. Adapun pemanenan buah hijau dilakukan jika ada permintaan cabai hijau.

Loading...

Waktu panen yang baik adalah saat bobot buah masih optimal, yaitu pagi hari, setelah embun menghilang. Tujuannya agar buah yang dipetik tidak terkontaminasi oleh organisme pembusuk.   Cara panen yang baik adalah dengan memetik buah cabai beserta tangkainya. Lakukan pemanenan secara hati-hati agar ranting atau cabang tidak patah. Buah yang dipetik dengan tangkai akan lebih tahan lama disimpan dari buah yang dipanen tanpa menyertakan tangkainya. Selain itu, buah yang dipanen dengan tangkai membuat bobot cabai lebih berat. Pemanenan semua buah yang masak penuh atau masak 80% dilakukan sekaligus. Buah yang rusak atau sakit harus dipanen.

Baca Juga:  Jenis-jenis Penyakit pada Daun Tanaman Mentimun

Buah yang sudah dipetik dikumpulkan dalam wadah dan ditempatkan pada tempat yang teduh. Jika hasil panen terkena cahaya matahari langsung, kualitas buah cabai akan turun. Selain itu, buah yang terserang penyakit sebaiknya ditempatkan di wadah terpisah.

Loading...
Loading...