Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Penjualan/Pembelian Kambing

Pertanianku -Peternak kambing komersial harus mempunyai perencanaan kapan harus membeli bibit dan kapan harus menjual kambing. Saat musim tanam padi, petani mengalami masa paceklik. Biasanya banyak pemilik kambing akan menjual kambing dengan harga murah. Demikian juga saat musim kemarau, peternak sulit memperoleh pakan kambing, harga kambing akan turun. Namun, saat itulah bagi peternak kambingkomersial membeli kambing. Sebaliknya, musim hajatan (bulan yang dianggap baik) banyak orang membeli kambing sehingga harga kambing akan naik. Saat itu peternak komersial menjual kambing.

Perhatikan Waktu Penjualan Kambing

Peternak kambing khususnya di Jawa perlu memahami kebiasaan orang Jawa terkait bulan menurut perhitungan orang Jawa. Masyarakat Jawa mengenal bulan-bulan yang baik untuk melaksanakan hajatan dan bulan-bulan pantangan untuk melaksanakan hajatan. Bulan yang dianggap baik, misalnya bulan Syawal dan Maulud (Rabiul Awal).

Harga kambing akan meningkat sejalan meningkatnya permintaan kambing bulan baik tersebut karena banyak yang mengadakan hajatan. Sebaliknya, harga kambing akan turun pada bulan Syuro atau Muharram karena bulan pantangan hajatan bagi orang Jawa. Tentu saja saat yang paling tepat lainnya untuk menjual kambing adalah hari kurban (Idul Adha) karena harga kambing akan naik drastis dan permintaannya juga naik tajam. Pengetahuan ini dapat sebagai pertimbangan mengenai saat yang tepat untuk mengawinkan kambing sehingga saat dibutuhkan stok kambing terpenuhi dari anak kambing. Adapun penjualan kambing karena kebutuhan insidentil yang mendesak sebaiknya dihindari karena harganya akan rendah.

Sumber: Buku Bisnis Pembibitan Kambing

 

Baca Juga:  Pentingnya Tingkat Keseragaman Ayam Petelur

loading...