Inilah Yang Harus Anda Lakukan Agar Kucing Tidak Gampang Sakit


Pertanianku – Kucing merupakan sahabat yang sangat baik dan relative lebih mudah dipelihara serta memberikan kesenangan seumur hidup. Oleh karena itu, memelihara kucing sebenarnya tidaklah merepotkan. Namun demikian, jika akan memelihara kucing, sebaiknya Anda adalah termasuk orang yang suka akan kucing (penyayang kucing) sehingga dalam memeliharanya bisa dilakukan dengan senang. Anda juga harus memiliki komitmen untuk meluangkan waktu merawatnya dan bermain bersama kucing kesayangan. Anggaran dana juga perlu dipersiapkan sejak awal karena biaya pemeliharaan, termasuk pakannya, terbilang lumayan mahal.

485A1046

Sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga bisa ada dalam kondisi tidak sehat atau sakit. Kucing yang sakit harus secepatnya diobati atau dibawa ke dokter hewan.  Jika kucing Anda mudah sakit, kemungkinan salah satu penyebabnya adalah kucing Anda belum divaksin. Untuk itu, lakukan vaksinasi dan periksakanlah kucing Anda secara teratur pada dokter hewan.

Kucing setidaknya diberi vaksin satu tahun sekali. Minimal vaksinasi dilakukan untuk penyakit yang membahayakan seperti distemper dan rabies. Anak kucing harus divaksinasi terhadap infeksi radang usus dan pilek. Vaksinasi intensif dapat dilakukan untuk mencegah infeksi radang kulit kucing dan penyakit pernapasan atas (FURD, feline upper respiratory disease) yang dikenal sebagai flu kucing. Vaksinasi juga diberikan bila kucing akan dikirim ke luar negeri atau dikawinkan. Kucing harus memiliki sertifikat vaksinasi yang mencatat vaksinasi apa saja yang telah diberikan. Program penyuntikan terus dilakukan selama masa hidup kucing tersebut.

Baca Juga:  Kunjungan Wisatawan Pulau Komodo Perlu Ditata Ulang
loading...
loading...