Inilah Yang Harus Diperhatikan Ketika Membawa Kucing Kerumah


Ketika kucing sudah dibeli, selanjutnya adalah membawanya ke rumah. Selama perjalanan ke rumah, kucing dimasukkan ke boks atau keranjang khusus agar merasa nyaman. Ketika tiba di rumah, kucing disosialisasikan dengan lingkungan baru agar tidak merasa stres. Kucing mungkin sedikit stres karena berpindah dari tempat yang tadinya nyaman menuju rumah barunya. Namun, kucing dikenal cukup cepat beradaptasi dengan lingkungan rumah barunya.

MEMBAWA KUCING KE RUMAH

Bahkan, kucing lebih cepat lupa masa lalunya dibandingkan anjing. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk kucing yang berumur kurang dari 7 minggu. Kemungkinan kucing masih terlalu muda untuk dipisahkan dari induk dan lingkungan sebelumnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membawa kucing ke rumah adalah sebagai berikut.

  1. Hari dan Waktu yang Tepat

Membawa kucing ke rumah, sebaiknya dilakukan pada hari dan waktu yang tepat. Maksudnya adalah ketika membawanya ke rumah baru, pilihlah hari saat di rumah tidak terlalu ramai dan tidak sedang ada acara sehingga kucing tidak menjadi sensitif. Jika perlu, pilihlah hari saat Anda tidak bekerja sehingga hari pertamanya di rumah ditemani dan berikan perhatian penuh padanya.

  1. Berkendaraan yang Baik

Pastikan kendaraan yang digunakan saat membawa kucing ke rumah dalam keadaan baik. Selain itu, tidak berbau asing karena akan membuatnya mengeong dengan suara-suara aneh. Tutupilah kandangnya dengan kain agar kucing tidak bisa melihat area sekitarnya. Kucing akan menjadi panik jika berada di tempat yang terasa asing dengan pemandangan yang belum pernah dilihatnya. Selimut juga akan tetap membuat badannya hangat.

  1. Membuat Suasana Tetap Tenang

Jika memiliki peliharaan lain di rumah, pastikan ruangannya terpisah dahulu. Tujuannya agar kucing tidak panik dan stres. Tutuplah semua pintu dan jendela. Selain itu, pastikan suasana tenang sehingga kucing tidak merasa aneh berlebihan. Buka kandangnya dan jangan memaksanya keluar.

Biarkan saja kucing keluar sendiri, biasanya ini tidak memakan waktu lama. Kucing selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi jadi dia akan selalu menjelajah sambil mengendusendus.

  1. Berikan Welcome Food

Jadikan kehadiran kucing istimewa. Sambutlah dengan pakan yang enak dan letakkan di dekat kandangnya. Jangan memaksanya memakannya. Biarkan dia mencium dan memakannya. Ketika pindah rumah, kucing pasti ingin merasakan first impression. Jangan lupa sediakan juga air minum yang bersih dan beberapa mainan di dekat kandangnya.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Kucing

 

loading...
loading...