Inilah Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Persiapan Kandang Itik


PertaniankuSalah satu perlakuan yang dapat mempengaruhi produksi telur itik adalah sistem kandangnya. Penerapan manajemen kandang yang intensif dapat meningkatkan produksi itik petelur ke tahap maksimal. Jadi, sebelum memulai beternak itik petelur, kandang dan semua perlengkapan di dalamnya harus dipersiapkan.

Persiapan Kandang Itik

Kandang untuk pembesaran itik petelur terdiri atas kandang starter, kandang grower, dan kandang layer. Kandang untuk masing-masing fase dapat dibangun terpisah atau dapat juga disatukan dengan sistem all in all out. Artinya, ketiga kandang tersebut bisa dibuat menjadi satu. Pemisahan atau penyatuan kandang untuk masing-masing fase ini tergantung dari pola yang dipakai dalam mengelola usaha itik petelur.

Jika pola yang dipakai menggunakan sistem satu umur, artinya semua DOD itik ratu yang akan dipelihara masuk secara bersamaan dan seterusnya dipelihara sampai selesai masa bertelur (afkir). Namun, jika pola yang dipakai menggunakan sistem multi-age (berbagai umur), kandang untuk fase starter, grower, dan layer harus dipisahkan. Dengan pola seperti ini, dalam satu peternakan terdapat beberapa macam tingkatan umur atau fase sesuai dengan kapasitas masing-masing kandang dan lamanya itik petelur akan dipelihara. Dalam hal ini akan dijelaskan kandang untuk masing-masing fase dengan sistem multi-age (berbagai umur) sehingga setiap fase memiliki kandang yang berbeda.

 

Sumber: Buku Itik Petelur Unggul

 

 

Baca Juga:  Fakta Baru! Lemak Susu Bisa Hindarkan Penyakit tak Menular
loading...
loading...