Inilah yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Peremajaan Pada Ayam

Pertanianku – Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, peternak ayam ras petelur harus melakukan program peremajaan secara rutin. Peremajaan bertujuan untuk menjaga kelangsungan produksi telur suatu usaha peternakan ayam petelur. Peremajaan diperlukan untuk mengganti ayam-ayam yang sudah tua (tidak produktif ) dengan ayam-ayam yang baru atau siap bertelur.

Perhatikan Jumlah Ayam untuk Peremajaan Sesuai dengan Kandang yang Tersedia

Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, peternak seharusnya melakukan peremajaan 2—3 kali dalam setahun, tergantung target populasi dan produksi, umur ayam yang akan dibeli, sarana dan prasana, waktu peremajaan, serta peluang pasar. Saat peternak melaksanakan peremajaan, target populasi yang akan dicapai harus disesuaikan dengan sarana kandang dan perlengkapan yang dimiliki.

Program peremajaan yang dilakukan oleh peternak juga dapat melalui pembelian DOC layer atau ayam dara siap bertelur (pullet). Pergantian kelompok ayam yang sudah tidak berproduksi dengan pullet memerlukan biaya yang sangat besar, di samping risiko yang harus dihadapi apabila tidak ada recording tentang kondisi ayam sebelumnya.

Adapun pergantian kelompok ayam yang sudah tidak berproduksi dengan DOC layer memerlukan waktu kurang dari 20 minggu (5 bulan) sampai ayam siap bereproduksi. Kandang yang harus dipersiapkan adalah kandang untuk ayam periode indukan (0—3 minggu), periode startergrower (4—16 minggu), dan periode layer (16—96 minggu).

Sebagai contoh, apabila kandang yang dimiliki oleh suatu usaha peternakan berkapasitas 6.000 ekor dengan program peremajaan sebanyak tiga kali dalam satu tahun, pembelian kelompok ayam petelur yang baru seharusnya berjumlah 2.000 ekor. Pembelian jumlah ayam yang melebihi populasi tersebut, akan menyulitkan peternak karena tidak akan tertampung oleh sarana kandang yang tersedia dan tidak terkontrol oleh tenaga kerja yang ada. Sebaliknya, apabila jumlah ayam yang baru tersebut kurang dari target, sebagian kandang menjadi kosong dan yang secara ekonomis tidak menguntungkan.

Baca Juga:  Keong Mas, Sumber Protein Ternak yang Mudah Didapatkan

Jadwal peremajaan ayam umumnya telah diprogramkan oleh peternak sesuai target yang diinginkan. Dengan program tiga kali peremajaan per tahun, akan terdapat minimal satu kelompok peremajaan ayam yang dapat disesuaikan dengan peluang pasar yang terbesar yang sangat menguntungkan, misalnya Idul Fitri, Natal, dan tahun baru.

Oleh karena itu, sebaiknya kelompok ayam petelur yang baru yang akan menggantikan kelompok ayam petelur yang lama harus didatangkan sekitar 8 bulan sebelum perkiraan peluang pasar yang menguntungkan.

 

Sumber: Buku Sukses Meningkatkan Produksi Ayam Petelur

 

 


loading...