Inilah Zat dan Makanan Yang Berbahaya Bagi Anjing


Pertanianku – Anda sering tidak sadar memberikan camilan pada anjing peliharaan. Maksudnya untuk menyenangkan anjing, tetapi ternyata malah meracuni anjing kesayangan. Perhatikan juga perlengkapan perabot rumah di sekitar yang mengandung bahan kimia, tanaman hias, atau obat-obatan manusia yang kadang Anda pikir aman untuk anjing.

Zat dan Makanan Berbahaya Bagi Anjing

Buah anggur dan kismis baru diketahui berbahaya bagi anjing sejak tahun 2000 dan pemilik anjing belum semuanya tahu tentang hal ini. Sebab pasti anggur dan kismis berbahaya bagi anjing belum diketahui sampai sekarang. Kemungkinan besar, buah anggur dan kismis dapat menyebabkan sistem imunitas anjing menjadi aktif dan menyerang sel-sel tubuh sendiri akibat dipicu virus yang menyerang tanaman anggur. Keadaan ini disebut autoimun akut pada anjing. Apapun alasannya, anjing sama sekali tidak boleh diberi makan anggur, berbagai jenis kismis, dan produk olahannya.

Tulang yang sudah direbus sama sekali tidak boleh diberikan kepada anjing, apalagitulang ayam. Pemanasan mengubah sifat kimia dan sifat fisik tulang yang berakibat tulang tidak bisa dikunyah anjing dengan betul. Tulang pecah menjadi bagianbagian yang tajam dan membahayakan pencernaan anjing.

Sayangnya di Indonesia obat-obatan untuk anjing masih sangat sedikit. Tidak heran kalau dokter hewan tetap meresepkan obat manusia untuk anjing. Oleh karena itu, pemberian obat-obatan untuk anjing sebaiknya dilakukan/ dikonsultasikan dengan dokter hewan. Minuman beralkohol juga mempunyai tingkat bahaya yang sama terhadap anjing dan manusia. Anjing suka mencium-cium bau/zat yang asing dan kadang menjilat untuk mengetahui rasanya. Untuk anjing yang nafsu makannya sangat tinggi biasanya tidak sedikit jumlah zat atau racun yang dicicipinya. Jika anjing Anda mengalami keracunan sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat. Pertolongan pertama dengan cara membuat anjing muntah supaya jumlah racun yang masuk bisa diminimalkan.

Keladi hias (caladium), sri rejeki, dan philodendron bisa menyebabkan iritasi kerongkongan. Amarilis, bunga bakung, Hedera helix, iris, dan umbi tuli dapat menyebabkan iritasi perut yang sering berlanjut pada kelumpuhan sistem saraf sentral hingga koma dan kematian. Sedangkan yang paling parah akibatnya hingga menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat adalah digitalis, convallaria, bunga mentega, serta tanaman hias genus Consolida dan Delphinium karena sistem cardiovaskuler menjadi terganggu. Berbagai jenis tanaman hias dari genus Taxus juga sangat berbahaya karena mempengaruhi sistem saraf anjing. Pemilik anjing yang menemui anjing peliharaannya memakan salah satu dari tanaman tersebut di atas harus segera membawa anjingnya ke dokter hewan.

Jika Anda sudah mengetahui apa sajayang berbahaya bagi anjing kesayangan sebaiknya mulai sekarang melakukan  berbagai pencegahan seperti:

– Tidak sembarangan memberikan cemilan atau makanan manusia pada anjing.

– Menaruh obat atau zat berbahaya ditempat yang tidak terjangkau olehanjing.

– Selalu berkonsultasi pada dokter hewan sebelum memberikan obat-obatan pada anjing.

– Menyingkirkan atau menaruh tanaman hias yang berbahaya bagi anjing di`tempat yang aman atau setidaknya tidak diletakkan di taman tempat anjing sering bermain.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...